Trend Pengembangan Bisnis Ruko “Gak Ada Matinya” (2)

Big Banner

Untuk memikat pembeli, berbagai inovasi juga dilakukan pengembang properti dalam mengembangkan ruko sehingga tidak hanya berupa bangunan kotak-kotak biasa yang kaku. “Kami membangun ruko selalu sold out dalam waktu cepat karena kami tidak hanya menjual bangunan kotak-kotak biasa,” kata William Liusudarso, President Director Easton Urban Kapital.

William menyebut produk ruko yang dikembangkan Easton Urban Kapital di Jalan Jombang Raya, Bintaro, yakni Easton Bintaro. Kelebihan produk ini adalah memiliki halaman belakang hingga 60 m2 dengan harga mulai dari Rp2,5 miliar. Berbeda dari ruko kebanyakan, ruko yang dibangun Easton dirancang oleh arsitek lokal, yaitu Kara Architecture dan dilengkapi dengan void dan sejumlah pepohonan serta tumbuhan hijau untuk menciptakan suasana yang asri.

PT Sirius Surya Sentosa (SSS) mengembangkan Vasanta Shophouses yang merupakan deretan ruko atau shopping street sepanjang 1,5 Km bergaya ala Jepang, menyerupai kehidupan entertainment Shinjuku dan Shibuya Tokyo di kawasan superblok Vasanta Innopark, Cibitung (100 hektar). Dibangunnya Vasanta Shophouses sebanyak 216 unit karena ingin mengakomodasi gaya hidup kaum urban masa kini yang gemar menghabiskan waktu untuk berkumpul dan melakukan aktivitas di luar rumah atau hangout.

Vasanta Shophouses akan dijadikan pusat entertainment yang menawarkan kemegahan pada setiap unitnya dengan ceiling 5 meter dan terdapat juga zona ruko alfresco (outdoor ruko) sepanjang 6 meter dan akses langsung menghadap ke mal. Bekerjasama dengan mitra UKM, ruko dengan konsep shopping street yang memiliki lebar jalan seluas 17,2 meter akan semakin hidup di malam hari.

Hal ini karena terdapat pedagang UKM yang menghiasi jajaran shopping street guna menambah kenyamanan dan suasana yang berbeda dalam berbelanja. PT Sirius Surya Sentosa melengkapi Vasanta Shophouses dengan lahan parkir yang sangat luas untuk mendukung ribuan kendaraan di dalamnya.

Konsep Jepang juga dipakai Pollux Properties dalam mengembangkan ruko Dotonburi Shopping Street sebanyak 360 unit di proyek superblok Pollux Technopolis seluas 42 ha di Karawang. Shopping street ini ingin mengadopsi keunikan shopping street bernama sama yang ada di Osaka, Jepang.

Maikel Tanuwidjaja, Direktur & Sales Marketing Pollux Properties mengatakan, “Tematik Jepang akan kita aplikasikan ke ruko kita. Jadi, nantinya bentuk fasad model Jepang semua. Harapan kita, ini menjadi sesuatu yang berbeda dengan ruko pada umumnya,” ujar Maikel. Satu ruko akan dibangun dengan tipe tiga lantai dan empat lantai yang akan dibanderol dengan harga mulai Rp2,8 miliar.

Lokasi Dotonburi Shopping Street ini nantinya akan berada di samping Lagoon yang ada di tengah-tengah Pollux Technopolis. Lagoon besar ini akan jadi pusat kegiatan yang menyenangkan bersama anak-anak dan keluarga. Maikel mengatakan, pihaknya juga tidak akan sembarangan dalam memilih tenant di ruko Dotonburi yang dibangun sepanjang 1 km ini. “Nantinya ruko-rukonya di jenis FnB, life style dan produk. Jadi seperti bengkel dan laundry tidak ada supaya tidak kotor,” jelas Maikel yang juga berharap ruko ini dapat buka 24 jam.

Mengakomodir gaya hidup kaum urban juga dilakukan PT Modernland Realty Tbk. melalui anak usahanya PT Mitra Sindo Sukses dengan meluncurkan shop house Cleon Park di perumahan skala kota (towship) Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta Timur. Proyek yang berlokasi di area komersial di perumahan tersebut diklaim cukup unik, karena setiap ruko memiliki tampilan dua fasad atau sisi eksterior sebuah bangunan.

Sami Miettinen, Direktur Utama PT Mitra Sindo Sukses menyebutkan shop house ini cukup potensial untuk ruang usaha. Selain adanya market potensial dari apartemen yang berada dekat dengan shop house, Cleon Park memiliki diferensiasi secara konsep. Dari sisi lokasi, shop house ini cocok dipakai usaha food and beverages (F&B) atau butik.

“Ini bukan ruko biasa, karena setiap ruko memiliki tampilan dua fasad yang menghadap langsung ke jalan main boulevard.

Kami juga merancangnya dengan landscaping yang bagus, dilengkapi jalur pedestrian lebar, ruang terbuka hijau, dan area parkiran di belakang,” papar Sami. Dia menambahkan, perusahaan telah memperoleh penjualan sekitar Rp200 miliar dari penjualan 38 unit shop house tersebut. Minat konsumen cukup besar sekali, karena selain berada dekat dengan apartemen, shop house Cleon Park hanya berjarak 300 meter dari AEON Mall.

Shop house Cleon Park berada di dalam kawasan mixed use seluas 1,7 hektar, yang akan merangkum shop house Cleon Park dan dua tower apartemen. Hyronimus Yohanes, GM Marketing & Sales Jakarta Garden City menjelaskan, semua unit shop house siap diserahterimakan pada 2019. Ruko modern tersebut dipasarkan dengan harga mulai Rp4,9 miliar hingga Rp8 miliar per unit. “Pembeli shop house kebanyakan pengusaha yang berasal dari Jakarta Utara dan sekitarnya, Jakarta Timur dan Bekasi,” papar dia.

New East akan dikembangkan menjadi 2 tahap yang merangkum produk luxurious shop house dan ritel. Shop house berupa bangunan tiga lantai dengan lebar enam, delapan, dan sepuluh meter yang dibanderol dengan harga mulai Rp4,5 hingga Rp11 miliar. Sementara untuk ritel tidak akan dijual melainkan disewakan. Konsumen bisa membeli dengan cara pembayaran tunai keras, tunai bertahap 6-36 kali, dan KPR dengan DP 20-30% diangsur 6-28 kali. Booking fee hanya Rp50 juta/unit. MPI YS

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia

mpi-update.com