20 LRT City Bakal Berdiri, Kamu Jangan Ketinggalan Beli

Big Banner
Gambaran LRT City. Foto: Dok. LRT City

 

 

Kalau kamu ingin tinggal di kota urban dan metropolitan sesibuk Jakarta, tentunya butuh hunian yang praktis dan tejangkau. Salah satu kepraktisan itu adalah hunian yang terintegrasi dengan transportasi publik, semisal LRT (Light Rail Transit). Nah, PT Adhi Commuter Properti (ACP) adalah pengembang yang menyadari tuntutan hidup praktis tersebut dengan mengembangkan LRT City.

LRT City merupakan hunian yang memaksimalkan fungsi angkutan massal, dilengkapi jalan bagi pejalan kaki/sepeda. Gak tanggung-tanggung lho, sampe 2022, ACP akan membangun setidaknya 20 LRT City yang tersebar sesuai trase pengembangan LRT yang konsesinya dimiliki induk usaha PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

Baca juga: LRT City, Hunian Terpadu Terakses Transportasi Massal yang Ngirit 70% Waktumu

Kalau melihat Peraturan Presiden (Perpres) No 65/2016 tentang Perubahan Atas Perpres No 98/2015 Tentang Percepatan Penyelenggaraan LRT Terintegrasi di Wilayah Jabodebek, ACP akan membangun LRT City di tiga jalur pelayanan di tahap satu pembangunan LRT.

Tahap satu panjang lintasannya yakni 43,3 kilometer,  mencakup lintas Cawang-Cibubur sepanjang 14,3 kilometer, lintas Cawang-Bekasi Timur 18,5 kilometer, dan lintas Cawang-Dukuh Atas dengan panjang 10,5 kilometer.

Baca juga: Sentul City Dukung Pembangunan LRT

Sebagai tahap awal, ACP membangun 7 LRT City, yakni Eastern Green, Urban Signature, Gateway Park, Royal Sentul Park, Oase Park, Cisauk Point, dan MTH 27. “Tiga di antara ketujuh proyek tersebut sedang dalam tahap pembangunan, yakni Eastern Green, Royak Sentul Park, dan Gateway Park. Sementara empat proyek lainnya masih dalam tahap persiapan,” kata Direktur Utama ACP, Amrozi Hamidi, seperti dikutip Kompas.com, Minggu (22-7-2018).

Sebanyak 13 LRT City yang lainnya sedang dalam tahap kajian kelayakan bisnis dan finansialnya, termasuk juga lokasinya. Menurut Amrozi, ACP secara agresif dan ekspansif mengembangkan LRT City. “Secara investasi, bagi perusahaan, ini sangat menguntungkan. Sementara bagi investor pembeli, gain dan yield  yang ditawarkan sangat positif, sekitar 20 persen,” kata Amrozi.

Mau tau harga per unitnya? Menurut Marketing Manager ACP, Djoko Santoso, seperti dikutip detikfinance, Minggu (22-7-2018), unit termurah berharga Rp260 juta dan termahal Rp560juta. Yang paling murah di Oase Park, Ciputat, sementara yang paling mahal di LRT City Bekasi Timur yakni Eastern Green dan LRT City Jaticempaka-Gateway Park.

“Kemarin itu Rp240 juta di Oase Park dan baru naik Rp260 juta. Paling mahal itu di Gateway Park dan Eastern Green Rp560 juta,” kata Djoko.

Kalau yang bersubsidi, menurut Amrozi, ada di Cisauk Point. Jadi, gak semua di lokasi LRT City ada unit yang bersubsidi.

Jadi, siap-siap aja, bakal ada sekitar 20-an LRT City yang berdiri. Kesemuanya bisa jadi alternatif hunian kamu. Jangan kelewat, ntar gak kebagian lho.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me