Pelican Crossing Bakal Gantikan JPO di Bundaharan HI, Ati-Ati Aja Kalau Nyeberang!

Big Banner

Ilustrasi Foto: Rumah123/Getty

 

Pelican (pedestrian light controlled) Crossing akan diterapkan di Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta oleh Pemprov DKI Jakarta selama proyek penyeberangan bawah tanah belum ada. Jenis penyeberangan pejalan kaki (pedestrian) ini sebenarnya mirip Zebra Cross. Bedanya, pada Pelican Crossing dilengkapi lampu lalu-lintas di kedua sisi jalan yang menghadap ke tempat penyeberangan pejalan kaki dan ke arah lalu lintas kendaraan yang mengarah ke situ.

Lampu tersebut dilengkapi tombol bagi penyeberang (pejalan kaki). Kalau lampu merah berarti penyeberang belum aman untuk menyeberang, sedangkan kalau lampu berwarna hijau berarti penyeberang sudah aman untuk melintas.

Lampu tersebut juga dilengkapi fasilitas non-visual semisal bunyi bip-bip atau tombol bergetar yang akan membantu penyeberang yang penglihatannya terganggu. Contoh Pelican Crossing adalah penyeberangan jalan orang di depan Mal Ambassador, Jalan Prof. DR. Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan.

Baca juga: Indahnya Terowongan Penyeberangan di Kawasan Kota

Jadi, Pelican Crossing itu bukan hal baru? Memang bukan sih. Pengamat transportasi, Djoko Setijowarno, seperti dikutip Kompas.com, Kamis (26-7-2018), mengatakan, Pelican Crossing adalah Zebra Cross yang di-upgrade dan dilengkapi fitur-fitur pendukung lain. “Kalau Zebra Cross biasa saja, kan, hanya garis-garis saja, enggak ada kelengkapan. Kalau Pelican Crossing dikasih lampu, ada tombolnya juga untuk kasih suara saat menyeberang,” kata Djoko.

Fasilitas lampu dan bunyi-bunyian digunakan selain untuk mengingatkan penyeberang agar waspada, juga untuk menyadarkan para pengendara bahwa ada orang yang sedang menyeberang.

 

Foto: Rumah123/Getty

 

“Jadi Pelican Crossing itu lebih lengkap karena dilengkapi dengan traffic light, tombol difabel untuk menyeberang, dan pengeras suara,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Andri Yansyah, dikutip dari sumber yang sama.

Saat ini yang berfungsi di depan Bundaran HI adalah jembatan penyeberangan orang (JPO). Nantinya JPO tersebut bakal dirobohkan karena dianggap mengganggu padangan orang saat memandang Tugu Selamat Datang di kawasan Bundaran HI. Pelican Crossing akan menggantikan JPO tersebut.

Baca juga: Mau Lihat Area Penyeberangan Pejalan Kaki Pada Abad 21?

Rencananya Pelican Crossing akan difungsikan hingga proyek terowongan penyeberangan orang rampung dibangun dan difungsikan. Menurut Djoko, penyeberangan yang ideal memang terowongan penyeberangan orang. Jadi, adanya di bawah tanah.

Kalau di luar negeri, menurut Andri, Pelican Crossing  udah biasa digunakan. Di Jakarta, akan dihadirkan secara bertahap. “Sekarang yang diprioritaskan adalah di jalan-jalan protokol yang tingkat lalu-lintasnya sangat tinggi,” kata Andri.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me