Trump Lanjutkan Pengembangan Proyek Golf Resort di Skotlandia

Big Banner

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Selepas pelantikan dirinya menjadi Presiden Amerika Serikat, bisnis Donald Trump seperti menyurut tapi tidak berhenti. Bisnisnya kini dijalankan anak-anaknya, Eric Trump dan Don Jr. Salah satu proyeknya yang kembali dikembangkan adalah golf resort di Aberdeen di pantai timur Skotlandia. Dikatakan “kembali” sebab sebelumnya pengembangan proyek sempat tertahan karena ditentang banyak pihak.

Trump International Golf Links Scotland (foto: Trump Golf Scotland)

Trump International Golf Links Scotland (foto: Trump Golf Scotland)

Proyek sejatinya sudah dirilis sejak 2006 menyusul dibelinya sebagian lahan Menie estate oleh Trump dekat desa Balmedie, Skotlandia. Namun, rencana Trump kala itu ditentang warga, lembaga nirlaba di bidang lingkungan dan konservasi, juga pemerintah setempat. Mereka khawatir pembangunan golf resort tersebut akan merusak lingkungan, yang salah satu keunikannya adalah bukit pasir.

Di area seluas 607 ha itu pun masih berdiri mansion MacLeod House yang bergaya Baron, alias tuan tanah Skotlandia masa silam. Rumah ini dikembangkan dalam dua periode pembangunan, tahun 1783 dan 1835 oleh arsitek John Smith. Tapi ditemukan juga jejak pembangunan pertama pada abad ke-14.

Apalagi di sana juga akan dibangun pusat pembangkit listrik tenaga angin. Adalah the Aberdeen Renewable Energy Group (AREG) yang tahun 2003 mengajukan membangun PLTA tersebut. The Energy Futures Centre namanya, dirancang bisa menghasilkan energi 20 x 2 MW. Area PLTA berada di atas tebing tepi laut di lahan seluas delapan km2.

Rela rencananya diendapkan sementara dan direvisi beberapa kali, Trump terus maju. Golf resort yang dirancang Dr Martin Hawtree tersebut tetap dibangun, dan sejak 2015 sudah beroperasi club house dan lapangan golf 18 holes. Mansion  jadul berkapasitas 32 tamu itu masih dipertahankan, bahkan dipercantik dan kini difungsikan sebagai rumah peristirahatan mewah yang bisa disewa.

Pengembangan baru mencakup golf estate yang merangkum 500 unit rumah dan 50 unit cottages,  penambahan fasilitas olah raga serta ruang ritel, fasilitas berkuda dan ruang komersial lain. Untuk itu the Trump Organization, pengembangnya, akan menyiapkan tambahan dana 150 juta pound (Rp2,85 triliun). Sebelumnya, The Trump Organization sudah menghabiskan dana 100 juta pound (Rp 1,9 triliun) untuk membangun proyek berlabel Trump International Golf Links ini.

Menurut Eric, sekarang waktu yang tepat melanjutkan investasi di proyek tersebut yang hingga selesai diperkirakan menghabiskan dana hingga 750 juta pound (Rp14,3 triliun). “Rencana awal kami begitu mengagumkan dan akan tunduk pada rencana detil yang sudah disetujui. Untuk itu kami berencana memulai pengembangan tahun depan,” katanya kepada CNBC.

Dukungan atas rencana tersebut akhirnya muncul dari anggota dewan kota setempat Colin Clark. Ia mengatakan, kehadiran resor tersebut memberi kabar baik baik perekonomian lokal dan menununjukkan bahwa kawasan tersebut bisa menarik investor internasional.

Sumber: CNBC, Guardian & Wikipedia

Lihat tampilan baru di housingestate.id

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me