Desain; Maksimalkan Ruang Lewat Rak Dinding Fungsional

Big Banner

Majalah Properti Indonesia edisi Juli 2018 mengulas tentang desain interior Apartemen Southgate Residence. Gaya interiornya modern minimalis. Karakteristik lain dari gaya interior ini adalah tampilan ruangan yang bersih, rapi dan cenderung minim hiasan atau dekorasi-dekorasi.

Sinarmas Land pengembang apartemen yang terletak di jakarta Selamatan ini berupaya memenuhi keseimbangan hidup, dengan mengusung konsep “Luxury Life, Simply Balance”. Gaya hidup kaum urban yang modern, ruang-ruang dalam diolah sangat simple sekaligus fleksibel, serta multifungsi. Seperti ruang keluarga, ruang kerja, ruang makan, dan dapur dibuat dengan konsep open space layaknya rumah mewah, sehingga terkesan luas dan mampu mengakomodasi kegiatan seluruh keluarga.

Untuk memaksimalkan ruang dan mempertegas kesan lapang, pengembang mengaplikasikan rak-rak dinding di hampir setiap ruang. Selain berfungsi sebagai tempat menyimpan barang, seperti buku atau figura, rak dinding juga dapat berguna untuk memaksimalkan penyimpanan secara vertikal, termasuk memanfaatkan celah sempit untuk menyimpan remot tv misalnya, atau aksesoris lainnya agar tetap rapi.

Pengaplikasian tersebut tercermin pada meja baca yang pada bagian sisi atasnya di tanamkan rak dinding multifungsi yang dipergunakan untuk menyimpan hiasan dan juga sebagai rak buku. Selain itu, pada ruang keluarga pun ditanamkan rak penyimpanan serupa. Bedanya, rak dinding dibuat lebih besar dan memanjang, yang tak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan, tapi juga mempermanis ruang, dan menambah kesan modern.

Sementara, di bagian sisi lainnya dari ruang keluarga, ditanamkan sebuah sofa besar berwarna krem dan ditemani dengan single chair dengan warna serupa menjanjikan pengalaman berkumpul bersama keluarga yang harmonis dan menyenangkan. Dipadukan dengan meja berbentuk oval dan, serta lampu baca di sisi sofa, menambah kesan homey dan hangat. Untuk menambah suasana menyenangkan, diberikan sebuah televisi layar datar berukuan besar. Selain itu, di bagian bawahnya ditebarkan karpet berwarna abu-abu yang selaras dengan kursi.

Sedangkan pemanfaatan ruang juga dimaksimalkan, yang dipresentasikan dengan rak-rak yang dijadikan tempat untuk menaruh pajangan dinding atau buku. Rak-rak tersebut terkamuflase dengan aksen garis di bagian dinding yang mempertegas konsep minimalis modern.

Pada pantry, terlihat kontras dengan ruangan-ruangan lain, karena area dapur seluruhnya disapu warna putih, dengan cabinet berdetil minimalis. Aksen modern sangat lekat disampaikan, dengan ditanamnya cabinet bergaris tegas. Pemilihan warna dan desain itu membuat area ini tampak bersih dan higienis, serta menjadi peredam “keriuhan” ruang duduk. Kombinasi warna dan juga desain ini membuat ruang terasa elegan.

Selain warna putih, pada areal pantry juga didominasi cermin untuk memberikan kesan mewah. Cermin-cermin tersebut ditanam pada areal dinding dapur. Kombinasi permainan cermin dan panel, menghadirkan ruang yang jauh terasa luas dan elegan.

Terinspirasi dengan karakter gaya hidup modern yang serba cepat dan instant, ruang makannya ditata dengan minim aksesori. Sebuah meja makan berukuran besar berbentuk persegi panjang menemani kursi berwarna cokelat. Selain itu, ditanamkan lampu gantung modern, sehingga menciptakan suasana intim saat menyantap makanan bersama keluarga.

Masuk ke kamar tidur utama, pendekatan serupa pada ruang bawah yang membuat ruangan lebih hangat. Kamar tidurnya juga dibangun dengan konsep hangat dengan dominasi warna natural, dan furniture berbahan dasar material alam, sehingga memberikan kesan hangat. Mulai dari furniture, pemilihan wallpaper, dan aksesoris yang dipilih begitu harmonis mengikuti tema yang ada.

Tempat tidur berukuran besar berwarna putih ditanamkan pada tengah ruangan yang kanan kirinya ditemani laci menggantung berwarna cokelat,serta dua buah lampu baca, sehingga menjanjikan suasana istirahat yang nyaman.

Untuk area kamar mandi, rancangannya sedikit dibuat lebih glamour. Penggunaan marmer memenuhi semua dinding dan lantainya, juga ditanam bath-up yang makin mempertegas kemewahan.

Terdapat area basah dan kering dalam satu ruang yang dipisahkan dinding kaca. Toilet dan wastafel dipilih warna putih untuk memberi sentuhan berbeda. Unsur modern dimasukan pada teknologi toilet dan shower, untuk menikmati rasa nyaman saat berada di ruang ini. MPI RAG

desain 2

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me