Cuma Kuman yang Bisa Tinggal di Rumah Sekecil Ini

Big Banner
Lembaga Riset asal Prancis, Femto-ST Institute Membuat Rumah Paling Kecil di Dunia (Rumah123/Dezeen)

Sebuah rumah terkecil di dunia berhasil dibangun. Robot mikro digunakan untuk membangun rumah yang benar-benar kecil ini.

Rumah ini memiliki ukuran 0,02 mm dan 0,01 mm. Menurut situs arsitektur Deezen, ukuran rumah ini 500.000 kali lebih kecil dari ukuran rumah dua tingkat.

Baca juga: Mau Lihat Rumah Mungil Plus Perpustakaan untuk Kaum Urban?

Hunian super mungil ini berdiri di atas lapisan fiber optik. Rumah ini mempunyai atap, empat jendela, satu pintu, satu cerobong asap, serta dinding.

Semua bagian rumah ini terbuat dari lapisan silika super tipis yang memiliki ketebalan hanya 0,0012 mm. Sepertinya rumah ini hanya bisa ditempati oleh mikro organisme.

Baca juga: Mau Beli Rumah Mungil yang Ramah Lingkungan?

Lembaga riset asal Prancis, Femto-ST Institute yang membuatnya. Badan riset ini berkantor di Besancon, Prancis. Keberhasilan Femto-ST Institute ini kemudian dipublikasikan di Journal of Vacuum Science and Technology A.

Para insinyur dari tim riset ini merancang robot mikro dan robot nano. Robot yang super kecil ini didesain untuk membuat rumah mungil. Keberhasilan ini menjadi terobosan robot mikro.

Baca juga: Tinggal di Rumah Mungil Masih Bisa Ngundang Makan 6 Orang?

“Kami memutuskan untuk membuat rumah mikro di atas fiber untuk membuktikan kalau rancang bangun sistem mikro di atas lapisan fiber optik bisa dilakukan dengan akurasi tinggi,” ujar Jean-Yves Rauch seperti dikutip oleh Dezeen.

“Untuk pertama kalinya, kamu bisa merealisasikan untuk membuat pola dan membangun dengan akurasi kurang dari dua nanometer. Hal ini penting bagi komunitas rekayasa robotik dan optik,” lanjut Rauch,

Baca juga: Rumah Kecil yang Nyaman dan Efisien, Yuk Dilihat Kayak Apa

Robot super kecil bekerja dalam ruangan hampa udara. Lantas robot ini memotong lembaran silika untuk dijadikan dinding dan atap. Selanjutnya, robot akan menempatkan potongan menjadi rumah.

Hmm, rumahnya kecil banget ya. Nggak usah dibayangin deh seperti apa. Kayaknya sih hanya kuman yang bisa tinggal di situ? Atau kamu mau berubah jadi kecil?

Baca juga: Ini Rumah Kecil atau Pesawat Luar Angkasa Ya?

Pembuatan Rumah Terkecil di Dunia Ini Memanfaatkan Robot Mikro (Rumah123/Dezeen)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me