Kemenpupera: Pembangunan Sejuta Rumah Sudah Tercapai 486.668 Unit

Big Banner

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Data yang dihimpun Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) mengungkapkan, untuk tahun ini hingga akhir Juli jumlah pembangunan rumah dalam program sejuta rumah telah mencapai 486.668 unit. Program pembangunan sejuta rumah diluncurkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak akhir April 2015 dan hingga saat ini belum pernah mencapai angka satu juta unit setahun.

mesin cuci hijab

“Hingga 23 Juli 2018, pencapaian program sejuta rumah sudah mencapai 486.668 unit. Realisasi (sebenarnya) kami yakin mencapai lebih dari itu. Makanya kami minta kalangan pengembang untuk segera melaporkan progres jumlah rumah yang telah dibangunnya,” kata Khalawi Abdul Hamid, Dirjen Penyediaan Perumahan Kemenpupera, melalui siaran pers yang diterbitkan di Jakarta, Senin (30/7/2018).

Kemenpupera, jelas Khalawi, terus berupaya aktif melakukan jemput bola terkait informasi pembangunan perumahan ke sejumlah asosiasi perusahaan pengembang yang ada di Indonesia. Pemerintah meminta kalangan pengembang untuk terus melaporkan data-data rumah yang dibangunnya.

Selama ini masih banyak progres pembangunan perumahan yang tidak tercatat dan tidak dimasukkan ke dalam database Kemenpupera. Dari total data yang masuk hingga saat ini, sebanyak 29.803 unit dibangun Kemenpupera, 5.991 unit oleh pemerintah daerah, 271.794 unit oleh pengembang, dan 6.452 unit oleh masyarakat sendiri.

Total pembangunan rumah untuk kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) mencapai 314.040 unit dan rumah non MBR atau komersial 172.628 unit. Rumah komersial rinciannya 165.770 unit dibangun pengembang dan 6.858 unit oleh masyarakat secara swadaya.

“Makanya kami terus menghimbau kalangan pengembang untuk terus melaporkan progres pengembangan proyeknya agar pengolahan data yang kita buat juga makin baik. Saya masih optimistis ke depan jumlahnya akan lebih banyak, karena dari progres sebelumnya pada bulan Oktober-Desember itu pembangunan rumah paling banyak,” bebernya.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me