3 Hal Penting Menanam Kaktus dan Sukulen di Rumah

Big Banner

Foto: Rumah123/Getty

 

Tanaman ruangan bukan cuma sekadar hiasan, banyak manfaat lainnya lho. Di antaranya, bisa memurnikan udara dalam ruangan, mencegah sick building syndrome, membantu tidur lebih nyenyak, mengurangi stres dan depresi.

Coba perhatikan, sebuah ruangan yang polos akan jadi kelihatan lebih oke berkat kehadiran tanaman, bahkan meski cuma satu tanaman saja. Menghadirkan tanmaan di ruangan gak berarti harus mahal, tanaman yang sederhana pun kalau kamu bisa menempatkannya di wadah yang unik bisa kelihatan menarik.

Baca juga: Pelihara Kaktus dalam Ruangan Gampang Kok

Kalau kamu masih canggung merawat tanaman, bisa memulainya dari tanaman yang gampang dipelihara, semisal kaktus atau sukulen.

Berikut ini 3 hal yang perlu kamu ketahui kalau mau merawat kaktus dan sukulen seperti dikutip dari cosmopolitan.co.id:

Pertama, kaktus dan sukulen gak sama lho. Hampir semua kaktus termasuk sukulen, tapi gak semua sukulen adalah kaktus. Kalau dari penampakannya, sukulen punya kelopak seperti daun, sementara kaktus memiliki duri sebagai pengganti jaringan daun. Keduanya punya bentuk cantik dan beragam serta mudah dirawat dalam ruangan.

Baca juga: Kalau Ingin Hadirkan Tanaman Hias di Ruangan, Ini Contekan Cara Pilih Potnya!

Kedua, walaupun hanya butuh perawatan minimal, tapi baik kaktus maupun sukulen tetap butuh waktu adaptasi saat diletakkan di tempat baru. Letakkan di area yang cukup cahaya, tapi gak terpapar sinar matahari langsung.

Ketiga, jangan memberi air terlalu banyak. Kelebihan air justru membuat kaktus dan sukulen membusuk. Penyemprotan tanaman cukup seminggu dua kali dengan menggunakan botol spray dan pastikan wadahnya memiliki lubang drainase untuk membuang air.

*

Foto: Rumah123/Getty

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me