Sekarang Dengan Rp100 Ribu Bisa Beli Surat Berharga Berbasis KPR

Big Banner

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – PT Sarana Multigriya Finansial (SMF/Persero) menghadirkan produk Efek Beragun Aset (KPR) berbentuk Surat Partisipasi (EBA-SP) ritel melalui mekanisme perdagangan di pasar sekunder. Dengan produk ini masyarakat memiliki alternatif investasi yang mudah dan ringan, sehingga pilihan investasi di pasar modal lebih beragam sekaligus memudahkan SMF dalam menghimpun dana dari masyarakat.

Sebelumnya, EBA-SP yang diterbitkan SMF berupa surat berharga (efek atau sekuritas) bernilai besar dan karena itu menyasar investor institusi seperti Dana Pensiun, perusahaan asuransi, dan sejenisnya. EBA-SP ritel ini disebut yang pertama dihadirkan di Indonesia untuk menggaet investor perorangan. SMF akan berperan sebagai market maker guna menciptakan pasar sekunder EBA-SP agar menjadi lebih likuid.

“EBA-SP ritel ini merupakan upaya kami memperluas dan mengembangkan investor base, yaitu investor potensial dari kalangan generasi milenial dan masyarakat umum yang ingin berinvestasi. Kami bekerja sama dengan BNI Sekuritas yang telah memiliki portal e-trading untuk melayani jual beli reksadana dan efek lainnya,” ujar Ananta Wiyogo, Direktur Utama SMF, saat peluncuran EBA-SP ritel di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Kamis (2/8/2018).

EBA-SP ritel ini merupakan produk investasi pendapatan tetap (fixed income) yang aman, dengan likuiditas instrumen investasi yang cukup tinggi (settlement). Transaksi pembelian dan penjualan produk investasi ini disebut T+1. Artinya, nasabah dapat segera melakukan instruksi penarikan dana hasil penjualan setelah jatuh tempo settlement transaksi penjualan.

“Produk ini dikeluarkan dengan denominasi sangat ringan sebesar Rp100 ribu dengan kupon (bunga) yang menarik, 8,6 persen per tahun. Kami berharap produk ini akan menambah alternatif instrumen investasi pasar modal sehingga investor memiliki banyak pilihan untuk berinvestasi dengan return yang kompetitif, selain saham, obligasi, reksadana, dan lain-lain,” jelas Ananta.

Presiden Direktur  BNI Sekuritas Adiyasa Suhadibroto menambahkan, EBA-SP ritel dengan kupon 8,6 persen per tahun adalah investasi fixed income yang sangat menarik dan aman. Saat ini produk hanya dijual di BNI Sekuritas melalui cabang-cabang BNI Sekuritas atau melalui layanan call center dan online.

“Investor EBA-SP ritel SMF akan mendapatkan pembayaran kupon bunga setiap tiga bulan, dan bila membutuhkan dana dapat menjual kembali EBA-SP ritelnya sewaktu-waktu, jadi lebih likuid. Kami memiliki 46 cabang BNI Sekuritas di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me