Yang Betul Tuh Cuci Handuk Tiga Hari Sekali!

Big Banner
Ilustrasi Handuk (Rumah123/Apartment Therapy)

Banyak hal yang mesti dilakukan kalau kamu ingin hidup sehat. Kamu harus menyantap makanan sehat, berolahraga, dan juga melakukan rutinitas sehat lainnya.

Seberapa sering kamu mengganti handuk? Seminggu sekali atau dua minggu sekali? Hadeuh, ini tergolong jorok lho.

Baca juga: Ingin Punya Pola Hidup Sehat? Kamu Bisa Memulainya dari Rumah (Bagian 3)

Situs gaya hidup Elledecor melansir kalau 50% responden mencuci handuk setelah lima kali pakai. Sementara 14% baru mencuci handuk setelah delapan kali pakai. Riset ini dilakukan oleh GE terkait Hari Mencuci Nasional yang jatuh pada 15 April di Amerika Serikat.

Lima kali pakai berarti tiga hari sekali mencuci handuk. Tentunya dengan perhitungan mandi sehari dua kali. Kalau delapan kali pakai, baru dicuci, nah itu berarti empat hari.

Baca juga:  Ingin Punya Pola Hidup Sehat? Kamu Bisa Memulainya dari Rumah (Bagian 2)

Jika ini tergolong bersih, maka kalau kamu mencuci handuk dua minggu sekali, wow itu sih jorok banget. Duapuluh delapan kali pakai?!

Handuk mesti rajin dicuci. Mau tahu kenapa? Handuk menyerap air, kotoran, dan lainnya sehingga menjadi tempat ideal bakteri untuk berkembang biak. Setelah kamu memakai handuk beberapa kali, maka handuk akan mengandung mikroba, kuman, dan lainnya.

Baca juga:  Ingin Punya Pola Hidup Sehat? Kamu Bisa Memulainya dari Rumah (Bagian 1)

“Setelah dua hari, kalau kamu menyeka wajah dengan handuk, kemungkinan kamu terkena bakteri E.coli di wajah lebih besar, ketimbang kamu memasukkan muka ke dalam toilet dan kemudian membasuhnya,” ujar Dr. Gerba seperti dilansir oleh Time.

Waduh, analoginya mungkin agak lebay, tetapi masuk akal ya. Kamu berpikir kalau menyeka wajah dengan handuk yang sudah dipakai dua hari itu tergolong bersih. Padahal handuk itu sudah kotor dan lebih kotor ketimbang toilet?! Alamak.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me