Bisnis Properti Itu Ada Ilmunya Lho

Big Banner
Ilustrasi Agen Properti (Rumah123/Apartment Therapy)

Setiap bisnis pasti ada lika likunya lho. Ada banyak hal yang mesti kamu pelajari sebelum menekuni bisnis termasuk bisnis dan investasi properti.

Apa sih yang dilakukan oleh seorang agen properti atau broker? Keahlian apa saja yang mesti dipunyai orang yang ingin menjadi agen properti?

Baca juga: Rumah123: Punya Rumah Itu Perlu Perjuangan Lho, Yuk Ikutan Rumah Sempit

Dokumen apa saja sih yang diperlukan saat kamu ingin menjual hunian? Bagaimana juga prosedur membeli rumah?

Sederetan hal ini menjadi bahasan dalam Property Science yang diselenggarakan oleh Rumah123 di Rumah123 Hall pada Sabtu (4/8/2018). Acara ini mengulas ilmu bisnis properti dan juga peraturan perundangan. Property Science ini diikuti oleh para karyawan Rumah123, situs properti yang merupakan bagian dari REA Group Australia.

Baca juga: Rumah123: Kalau Ga Nekat Beli Rumah, Ga Bakal Bisa Punya Lho!

Acara ini menghadirkan dua pembicara yaitu Ir. Eddy Muljawan Soetodjo CPA dan Hj. Esty Paranti SH. MKn. Eddy merupakan agen properti yang sudah berkarier selama 23 tahun dan penulis buku The King of Property, sementara Esty adalah notaris dan pejabat pembuat akta tanah.

Eddy memaparkan perjalanan kariernya sejak era 1990-an. Dia mengulas apa saja yang dilakukan oleh seorang agen properti.

Baca juga: Pakai Teknologi Biometric Neuromarketing, Rumah123 Real Estate Awards 2018 Bebas ‘Settingan’

Dia menepis anggapan kalau agen hanya menjadi salesman alias tukang jualan. Seorang broker harus menjadi konsultan bagi pembeli dan juga penjual. Agen mesti bisa memberikan solusi.

Sebagai agen yang sudah makan asam garam, Eddy tidak hanya mengulas pekerjaan ini sebatas teori, namun juga praktik. Beragam kendala pernah dihadapinya plus solusinya.

Baca juga: Dalam 3 Tahun, Rumah123 Meraih 6 Penghargaan

Lewat pemaparannya, Eddy menyatakan kalau seorang agen harus memahami beragam hal mulai dari masalah hukum, properti, desain, dan banyak lagi.

Sementara Esty memberikan penjelasan mengenai peraturan perundangan terkait tanah, properti, dan jual beli. Dia memaparkan secara rinci mengenai dokumen yang diperlukan saat jual beli.

Baca juga: Penghargaan untuk Rumah123 Buktikan Kuantitas dan Kualitas Bisa Selaras

Banyak hal yang belum diketahui terkait peraturan perundangan. Semuanya dipaparkan oleh Esty yang memiliki wilayah kerja di Jakarta Pusat.

Nah, buat kamu yang ingin terjun ke dunia properti, mulai cari tahu deh. Mungkin kamu ingin menjadi agen properti atau ingin jual beli properti? Banyak yang harus kamu pelajari lho.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me