Tips Gempa: Jangan Panik Kalau Ada Gempa

Big Banner
Gempa yang Terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat Beberapa Waktu Lalu (Rumah123/News.com.au)

Gempa berkekuatan 7 skala Richter melanda dua pulau terbesar di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yaitu Lombok, dan Sumbawa pada Ahad (5/8/2018) pukul 18.46 WIB. Menurut informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa berpotensi tsunami.

Getaran juga dirasakan di provinsi tetangga, Bali. Bahkan, mereka yang tinggal di Banyuwangi dan Malang, Jawa Timur merasakan gempa tersebut.

Baca juga: Beneran Lho, Rumah Pantai ini Didesain Tahan Angin Topan dan Badai!

Indonesia berada di pertemuan beberapa lingkar cincin api. Pasti kamu menyadari kan kalau Indonesia memiliki banyak gunung api.

Negeri ini pun punya potensi terkena gempa bumi vulkanik dan tektonik. Buat kamu yang tinggal di Jakarta pastinya pernah merasakan gempa bumi beberapa waktu lalu, kan?

Baca juga: Nah, Ini Peralatan Anti Banjir yang Kamu Mesti Punya Lho

Bagi karyawan Rumah123 yang berada di lantai 37 Tower 88 Kota Kasablanka merasakan benar gempa saat itu. Beruntung kalau para pekerja di gedung ini sudah pernah mendapatkan pelatihan kalau terjadi gempa.

Lantaran Indonesia berada di kawasan rawan bencana, sudah seharusnya kamu paham mitigasi bencana. Hal ini penting bagi kamu dalam menyelamatkan diri dan juga orang lain. Berikut ada beberapa tips yang kamu perlu ingat ya.

Baca juga: Mau Aman Tinggal di Area Rawan Bencana? Bikin Dong Hunian Tahan Bencana

Pertama, jangan panik. Saat gempa terjadi, kamu nggak boleh panik bro and sis. Tenang aja walaupun kamu ada di gedung tinggi. Kalau kamu panik, kamu bakal sulit menyelamatkan diri dan juga nggak bisa menolong orang lain.

Kedua, langsung berlindung di bawah meja. Saat gempa terjadi, kalau bisa kamu harus langsung berlindung di bawah meja. Jika tidak ada meja, pastikan tangan kamu melindungi kepala ya. Kalau gempa cukup keras, ada kemungkinan benda di atas kamu akan berjatuhan.

Baca juga: Gempa Guncang Tasikmalaya, Saatnya Kamu Paham Mitigasi Bencana

Ketiga, segera keluar bangunan. Setelah gempa berakhir, kamu harus segera keluar bangunan, entah itu rumah, sekolah, kantor, atau apa pun. Saat keluar bangunan, kamu harus bisa menolong ibu hamil, orang tua, dan anak-anak.

Keempat, jangan berdiri di dekat bangunan. Usai keluar dari bangunan, kamu harus menjauhi bangunan agar tidak tertimpa bangunan yang mungkin saja runtuh. Jauhi juga tiang listrik, pohon besar, papan reklame, dan lainnya.

Baca juga: Ada Rumah Tahan Gempa dari China, Kayaknya Cocok Buat di Indonesia Nih

Kelima, siap untuk gempa susulan. Biasanya setelah gempa pertama, akan terjadi beberapa kali gempa susulan. Jadi kamu harus bersiap untuk hal ini. Usai gempa Lombok pada Minggu kemarin, ada lebih dari 27 gempa susulan. By the way, kalau kamu dekat pantai, siap-siap untuk kemungkinan terjadinya tsunami.

Bro and sis, bencana gempa bisa terjadi kapan saja ya. Pastikan kamu siap untuk menyelamatkan diri dan orang lain saat bencana. Ingat jangan panik ya.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me