Perkenalkan Prototipe Rumah Masa Depan

Big Banner
Yale University’s Center for Ecosystems in Architecture, UN Environment, UN Habitat, serta Gray Organschi Architecture Berkolaborasi untuk Membuat Prototipe Rumah Masa Depan Bernama Ecological Living Module (Rumah123/Curbed)

Seperti apa sih rumah masa depan? Beberapa institusi ngetop berkolaborasi untuk membuat rumah yang bakal menjadi hunian di era mendatang.

Yale University’s Center for Ecosystems in Architecture, UN Environment, UN Habitat, serta Gray Organschi Architecture bekerja sama dalam mendesain rumah kecil yang menggunakan energi terbarukan secara keseluruhan.

Baca juga: Gedung Pengadilan Ini Hemat Energi dan Ramah Lingkungan, Nah Gitu Dong!

Proyek ini bernama Ecological Living Module. Rumah masih berbentuk prototipe. Hunian ini menggunakan sistem berkelanjutan dan bisa menghemat energi.

Rumah ini memiliki sistem untuk mengumpulkan air, memurnikan udara dengan bantuan tanaman, dan infrastruktur pertanian mikro. Sistem ini bekerja bersama untuk memastikan rumah menghasilkan energi dibandingkan konsumsinya.

Baca juga: Semua Bus Listrik, Baru Namanya Ramah Lingkungan!

Atap rumah menggunakan sistem photovoltaic sehingga dapat menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi listrik untuk peralatan rumah tangga dan juga dapat disimpan.

Sistem pengumpulan air dapat menampung air hujan. Cara ini juga bisa menghasilkan air bersih yang bisa diminum dari uap air.

Baca juga: Mau Beli Rumah Mungil yang Ramah Lingkungan?

Interior rumah memasang tanaman yang dirancang untuk memurnikan udara. Sedangkan tanaman di luar rumah menjadi dasar dari pertanian mikro.

Ecological Living Module sempat dipamerkan di UN Plaza di New York, Amerikat Serikat. Rumah ini menjadi bukti konsep rumah ramah lingkungan.

Baca juga: Rumah Sempit Ramah Lingkungan dari Bahan Daur Ulang

Empat lembaga yang berkolaborasi berencana untuk membuat rumah serupa yang didesain untuk tahan kondisi iklim berbeda. Rumah ini direncanakan dibangun di Kenya, markas UN Environment.

Wah, seharusnya ada rumah serupa di Indonesia ya. Apalagi semuanya bisa dipenuhi di sini. Kamu mungkin mau memulainya?

Baca juga: Semua Stadion Piala Dunia 2018 Masuk Kategori Ramah Lingkungan, Ini Baru Keren!

Rumah Ramah Lingkungan Ini Bisa Menghasilkan Listrik dari Pemasangan Solar Panel (Rumah123/Curbed)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me