Tips Rumah Sehat dan Cantik dengan Tanaman

Big Banner
Foto: Rumah123/Getty

 

Tanaman di dalam rumah tentu aja udah banyak yang tau bisa bikin sehat karena bisa menyaring udara kotor di dalam rumah. Kehadiran tanaman di rumah memang bisa jadi pelepas stres dan lelah para penghuninya. Mata kita serasa sejuk saat memandang tanaman.

Selain bikin sehat rumah, tanman juga bisa jadi penunjang interior. Bukan rahasia lagi kalau tanaman bisa mempercantik sebuah ruangan.

Untuk menempatkan tanaman, yang kamu perlu pertimbangkan bukan cuma pot atau vasnya aja. Tapi, juga posisinya. Peletakan tanaman berpengaruh lho pada keindahan ruangan. Kalau tanaman berukuran kecil, letakkanlah aja di atas meja kopi atau di dekat jendela. Kalau tanaman berjumlah banyak, kamu dapat meletakkannya pada suatu tempat atau meja.

Baca juga: 5 Tanaman Ruangan Tren 2018 untuk Rumahmu, Tengok Yuk!

Berapa banyak tanaman yang bisa kamu tempatkan di dalam sebuah ruangan? Itu tergantung sih. Kalau kamu suka ruangan yang banyak tanaman, bisa aja kamu memelihara lebih dari satu tanaman. Yang penting kamu menatanya dengan rapi. Selai itu, pastikan tanaman mendapatkan banyak cahaya.

Berikut ini pilihan tanaman yang cocok kamu letakkan di kamar tidur, kamar mandi, dan dapur:

Kamar Tidur

Untuk kamar tidur, tanaman yang cocok adalah yang harum agar pemilik kamar bisa berlama-lama dan merasa nyaman. Bikin kamar semerbak gak butuh biaya banyak kok. Cukup dengan  menempatkan tanaman-tanaman berikut ini di kamar: geranium, lavender, rosemary, kayu manis.

Foto: Rumah123/Getty

 

Kamar Mandi

Tanaman di kamar mandi bisa bikin suasana jadi bernuansa alami. Tapi, tentu aja kamu mesti pintar-pintar memilih tanaman yang cocok untuk kamu letakkan di kamar mandi. Yang disarankan sih tanaman: bambu China, anggrek, lidah mertua (Sansevieria).

Foto: Rumah123/Getty

Dapur

Kalau di dapur ada tanaman, bisa menghilangkan bau gak sedap yang hadir di dapur semisal bahan makanan yang menyemangat. Selain itu, kehadiran tanman bisa bikin suasana dapur jadi segar. Apa agi kalau dapurmu cukup luas, tanaman merupakan barang yang tepat untuk melengkapi tampilan dapur.

Gunakan pot kecil untuk tanaman di dapur. Cara ini akan bikin dapur terasa lega kalau dapurmu mungil. Hindari terlalu banyak meletakkan tanaman di dapur. Cukup satu, dua, atau tiga, pokoknya sesuaikan aja dengan kondisi dapurmu.

Peletakan tanaman bisa aja di sudut ruang dapur. Pilih tumbuhan beraroma segar untuk menangkal bau gak sedap di dapur, semisal lemon.

Baca juga: Kalau Ingin Hadirkan Tanaman Hias di Ruangan, Ini Contekan Cara Pilih Potnya!

Meletakkan tanaman di dekat jendela juga merupakan ide bagus. Buka jendela setiap hari agar tanaman yang kamu letakkan di sini terkena sinar matahari. Tanaman yang berada di dekat jendela juga bermanfaat menyaring keluar-masuknya oksigen dalam ruangan.

Tanaman yang cocok dan mudah dibersihkan kalau diletakkan di dapur adalah tanaman dengan daun mengilap. Tapi, hindari meletakkan bunga di dekat wastafel. Kelembapan dan sempotran air yang tercampur dengan sabun cuci piring dapat membuat tanaman cepat layu, bahkan bisa mati.

Foto: Rumah123/Getty

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me