Tips Tanaman Rumah Subur dan Selalu Segar

Big Banner
Foto: Rumah123/Getty

 

Tanaman di dalam ruangan emang terbukti bikin rumah tampak lebih sejuk dan asri. Tapi, tanaman yang berada di dalam rumah tentunya gak terkena sinar matahari langsung. Nah, akibatnya cenderung pendek umur. Seringnya sih jadi layu.

Ada beberapa cara agar tanaman yang layu tersebut bisa segar lagi:

Hindari Sengatan Matahari Langsung

Kalau tanaman layu, jangan cepat-cepat dipindahkan ke luar rumah yang terkena matahari langsung. Sinar matahari langsung emang bagus untuk fotosintesis. Tapi, hindari paparan sinar matahari terik saat tanaman dalam kondisi mulai layu karena bikin tambah parah.

Ganti Pot

Untuk mengembalikan kesegaran tanaman, salah satu cara yang dapat kamu praktekan adalah mengganti potnya. Beberapa tanaman, misalnya sukulen, dapat kembali segar ketika kamu memindahkannya ke tanah dan pot baru. Pilihlah pot dengan ukuran yang lebih besar dari sebelumnya, dengan gitu tanaman bisa tumbuh dengan akar yang lebih bagus.

Baca juga: 10 Tanaman yang Cocok untuk Kebun Vertikal, Sudah Tahu?

Tambahkan Pupuk

Ganti tanah yang sudah lama sebagai media tanam. Tambahkan kadar humusnya dengan yang lebih baik agar tanaman mendapat hara (nutrisi) yang lebih baik. Kamu juga bisa menambahkan beberapa pupuk di sekitar tanah. Untuk hasil yang lebih baik, sebaiknya gak nambahin terlalu banyak asupan gizi dalam satu waktu karena tanaman juga butuh waktu untuk beradaptasi.

Siram dengan Takaran yang Tepat

Rutinlah menyiram tanaman agar tetap segar. Pelajari seberapa banyak kadar air yang dibutuhkan oleh satu tanaman. Kadar air yang dibutuhkan setiap tanaman bergantung pada jenisnya. Kadang yang bikin tanaman jadi layu justru ketika kita menyiramnya terus-menerus padahal dia gak butuh itu.

Alat menyiram selain selang adalah botol dengan lubang kecil sehingga air dapat sedikit demi sedikit membasahi tanaman, jadi gak langsung keguyur basah.

 

Foto: Rumah123/Getty

 

Boleh Juga Siram Pake Es Batu

Cara lain menyiram tanaman adalah dengan es batu. Letakkan es batu dengan jumlah yang tidak terlalu banyak di atas permukaan tanah dalam pot. Nantinya es batu ini akan meleleh perlahan-lahan. Tanah dan akar tanaman bisa menyerapnya secara perlahan.

Bila kamu ingin menggunakan es batu untuk mengairi tanaman, perhatikan takaran airnya gak akan berlebihan bagi si tanaman saat meleleh nantinya. Selain itu, pikirkan pula apakah tanaman perlu disiram setiap hari?

Baca juga: Kalau Ingin Hadirkan Tanaman Hias di Ruangan, Ini Contekan Cara Pilih Potnya!

Menggunakan es batu untuk menyiram tanaman memang lebih praktis, baik untuk menyiram secara harian atau mingguan, namun jangan pula lupa menyesuaikannya dengan kebutuhan tanaman.

Periksa Hama  

Periksa pula apakah pada permukaan tanaman terdapat lubang atau bintik-bintik. Hal tersebut bisa terjadi karena ada serangga yang menjadi hama pada tumbuhan. Kamu bisa menanggulanginya dengan mengelap daun menggunakan air dan cairan sabun lembap.

 

Foto: Rumah123/Getty

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me