Tips Bahan Alami Sebagai Pembersih di Rumah, Murmer Lho!

Big Banner

 Foto: Rumah123/Getty

 

Produk pembersih alami atau eco-cleaning tentunya lebih aman digunakan di rumah ketimbang pembersih komersial yang bisa memicu alergi penghuni rumah. Coba buka lemari dapurmu, ada beberapa bahan dapur yang bisa dijadikan pembersih.

Erin Rhoads dalam situs realestate.com.au, 14 Agustus 2018, menulis tentang beberapa bahan alami yang punya daya pembersih. Tau gak kamu? Satu botol cuka, kata Erin, bisa jadi pengganti semua kemasan botol pembersih komersial? Bahwa menambahkan air ke cuka gak akan menurunkan potensinya, malah semakin oke?

Cuka sangat efektif melawan lemak, bakteri, dan jamur. Bahkan, cuka bisa digunakan sebagai pelembut kain. Khasiatnya melebihi separuh bahan pembersih di supermarket manapun.

Baca juga: 7 Bahan Alami Ini Bikin Nyamuk Ogah Balik Lagi

Ada pula sabun batangan sederhana, gak dikemas atau dibungkus kertas, tapi sangat berguna untuk membersihkan banyak hal di rumah.

Berikut ini 6 bahan ramah lingkungan yang bisa kamu gunakan sebagai bahan pembersih di rumah:

Cuka

Cuka punya 1.001 kegunaan. Kamu bisa aja beli cuka pembersih khusus, yang 20% lebih asam daripada cuka di rumah. Tapi, apakah memang itu lebih efektif daripada cuka biasa? Jadi, gak usah repot-repot beli kalau kita belum tau efektifitasnya, bukan?

Foto: Rumah123/Getty

Soda Bikarbonat

Soda bikarbonat (soda kue) memiliki abrasivitas alkalin yang lembut. Ketika dikombinasikan dengan asam cuka, mereka bekerja sama untuk membersihkan panci yang terbakar dan sisa makanan yang tertinggal di dalam oven. Bikarbonat adalah bahan tambang, gunakan dengan irit.

Baca juga: Mau Tahu Bahan Alami Pengusir Semut? Ada Banyak Lho

Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh secara alami membunuh jamur, ngengat, dan ubur-ubur. Gak banyak sih yang dibutuhkan, hanya 1/4 sendok teh untuk 1 liter (4 cangkir) air atau campuran air cuka. Beli minyak dalam botol kaca gelap untuk memastikannya tahan lama (sinar matahari memecah minyak lebih cepat, jadi simpan di tempat aman).

Foto: Rumah123/Getty

 

Minyak Pohon Teh (Tea Tree Oil)

Minyak pohon teh adalah disinfektan alami. Ini anti-mikroba, antiseptik, antivirus, dan anti-jamur.

Foto: Rumah123/Getty

Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih adalah disinfektan anti-mikroba yang baik. Juga bisa menghilangkan endapan bandel di wadah dan dapat mengobati noda di baju. Jangan lupakan juga kemampuan minyak kayu putih untuk mengatasi hidung tersumbat!

Foto: Rumah123/Getty

 

Minyak Lavender

Minyak lavender adalah penolak serangga yang efektif. Selain itu, sifat anti-bakterinya membuatnya menjadi pembersih toilet yang baik.

Foto: Rumah123/Getty

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me