Tips Pekerja Kontrak Tetep Bisa Ambil KPR, Harus Tau Caranya!

Big Banner

Foto: Rumah123/Getty

 

Pekerja atau karyawan kontrak siapa bilang gak bisa mengajukan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR)? Status pekerja tak tetap (freelancer) atau pekerja kontrak emang sih bisa menghambat KPR kamu mendapat persetujuan bank. Buat bank yang menetapkan syarat dan ketentuan yang saklek, status kerja pemohon KPR emang sangat penting.

Status karyawan kontrak atau pegawai tidak tetap biasanya membuat bank sedikit ragu memberikan pinjaman. Alasannya, khawatir sang debitur mengalami gagal bayar atau kredit macet. Jika kamu termasuk pegawai kontrak, jangan cepat menyerah. Ternyata ada kok beragam strategi menarik untuk bisa mendapatkan bantuan KPR. Mau tahu caranya?

Baca juga: Hai Freelancer, Pertimbangkan Hal-Hal Ini Sebelum Ajukan KPR!

Jika kamu memiliki penghasilan tambahan lain, sebaiknya masukkan dalam catatan ketika mengajukan permohonan KPR ke bank dengan menyertakan bukti. Misalnya kamu memiliki usaha kuliner, jualan online, atau guru privat. Biasanya bank akan bermurah hati menyetujui permohonan KPR kamu walaupun statusmu bukan pegawai atau karyawan tetap di suatu instansi tau perusahaan.

Yakinkan juga analis bank yang kamu pilih bahwa kamu bisa membayar hingga akhir masa cicilan. Misalnya, jika sebelumnya kamu hanya menabung Rp1,5 juta sebulan, kamu bisa meningkatkan tabungan menjadi Rp2,5 juta dengan memangkas anggaran kamu yang kurang atau gak perlu.

Baca juga: Tips KPR: Kalau Gak Mau Cicilan Tinggi, Ya Jangan Berani Ambil DP 0%

Selain KPR, kamu juga bisa melakukan alternatif lain agar bisa memiliki rumah. Yakni, mencicilnya langsung ke pengembang secara berkala dengan bunga nol persen.

Karena itu, rajinlah mencari informasi mengenai kredit rumah langsung ke pengembang. Pasalnya, banyak juga perusahaan properti saat ini memberikan alternatif pembelian selain KPR.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me