Di Pondok Indah Rumah Rp5 Miliar Bisa Dibeli Rp3,5 Miliar

Big Banner

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Sektor properti yang tengah melemah juga sangat terasa di pasar rumah seken, bahkan di lokasi-lokasi perumahan favorit. Kendati berbagai kalangan menyebut harga properti tidak akan menurun, sebagian kalangan yang lagi membutuhkan pencairan uang dari investasi propertinya, terpaksa menjualnya dengan bantingan kalau mau laku.

Rumah Seken di Pondok Indah (Foto : Susilo)

Rumah Seken di Pondok Indah (Foto : Susilo)

Menurut Lani Widyaningsih, broker properti dari Winda Property di Jakarta, transaksi rumah seken bisa jatuh di bawah harga pasarannya. Ia mencontohkan transaksi di kawasan elit Pondok Indah (PI), Pondok Pinang-Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Antara harga penawaran (asking price) dibanding nilai pasar dan harga transaksi bisa sangat berbeda.

“Saya baru tutup transaksi rumah di PI, lokasinya di belakang di Jalan Pinang Suasa dekat rumah musisi Ahmad Dani. Rumah dua lantai luasnya 160 m2, kaveling di bawah 200 m2. Itu harga pasarannya Rp5 miliar, tapi ditawar Rp3,5 miliar dikasih. Lokasinya cukup bagus karena dekat ke Metro PI, tapi transaksinya bisa jauh di bawah harga pasaran,” katanya kepada housing-estate.com di Jakarta, pekan lalu.

PI merupakan salah satu kawasan yang cukup banyak menawarkan rumah seken dan permintaannya pun cukup tinggi. Tapi, situasi saat ini membuat transaksi rumah seken agak lama karena kebanyakan pemilik rumah masih bertahan dengan harga penawarannya, sementara pemilik duit juga bertahan dengan harga transaksi yang diminya karena melihat pilihannya cukup beragam.

“PI itu penawaran dan yang mencari banyak, tapi alot proses transaksinya. Pokoknya yang nggak butuh uang bisa bertahan nggak mau jual. Tapi, yang butuh harus berani kurangi harga jauh di bawah pasaran. Yang rumah-rumah lama itu umumnya dijual di bawah harga pasar. Kalau kita peminat serius, bisa dapat harga yang bagus,” jelasnya.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me