Bukti Peninggalan Masa Penyebaran Islam di Jawa

Big Banner
Masjid Menara Kudus Dibangun oleh Sunan Kudus Pada 1549. Masjid Ini Dianggap Salah Satu Masjid Tertua di Indonesia (Foto: Rumah123/Wikipedia)

Masjid Menara Kudus memang unik. Bentuknya malah mirip candi ketimbang masjid pada umumnya. Masjid ini menjadi bukti perpaduan arsitektur Islam, Hindu, dan Budha.

Lokasi masjid ini berada di Kudus, Jawa Tengah. Masjid ini merupakan masjid tertua di Indonesia, dibangun pada abad ke-16, saat Islam mulai menyebar di Jawa.

Baca juga: Keren Banget Lho Perpaduan Desain Masjid Sheikh Zayed

Di dalam kompleks masjid ini juga ada makam Sunan Kudus. Dia adalah Wali Sanga, penyebar agama Islam pada masa tersebut. Beliau juga yang mendirikan masjid ini.

Bentuk masjid ini memang sepintas mirip candi. Tengok saja pintu masuknya dan tembok yang berada di depannya. Begitu juga dengan material batu bata yang digunakan.

Baca juga: Wuih, Menara Masjid Ini Setinggi Gedung 60 Lantai Lho!

Menara Masjid Kudus ini mempunyai tinggi sekitar 18 meter. Bagian bawahnya memiliki ukuran 10 x 10 meter. Ada puluhan piring bergambar yang dipasang pada dinding

Saat masjid dibangun dan Islam mulai disebarkan, masyarakat memang masih menganut agama Hindu. Jadi ada perpaduan sejumlah elemen dalam bangunan ini.

Baca juga: Dibangun dari Dana Sumbangan, Masjid Ini Tetap Bisa Raih Penghargaan Arsitektur

Bangunan ini mengalami renovasi beberapa kali sehingga kawasan masjid bisa diperluas. Ada sejumlah bagian yang diganti sehingga tampilan aslinya memang berubah.

Masjid ini juga memiliki nama lain yaitu Masjid Al Quds atau Masjid Kudus. Ada prasasti berbahasa Arab dari Palestina yang menyatakan berdirinya masjid pada 19 Rajab 956 Hijriyah atau 23 Agustus 1549, dengan nama pendiri Ja’far Shodiq atau Sunan Kudus.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me