Tips Nabung DP: Jangan Remehkan Uang Recehan Kembalian

Big Banner
Ilustrasi (Foto: Rumah123/Apartment Therapy)

Kamu berencana membeli hunian dalam waktu dekat. Untuk itu, kamu berniat untuk menyisihkan sebagian dari gaji untuk membayar uang muka atau down payment (DP).

Jika penghasilan kamu Rp5 juta per bulan, kamu berencana untuk menyisihkan 40%-nya untuk DP. Kamu harus menyisihkan Rp2 juta per bulan. Rencananya, kamu ingin membayar DP secepat mungkin.

Baca juga: Generasi Milenial Kaya Raya Bidik Investasi Properti di Luar Negeri

Dalam satu tahun, kamu bakal mengumpulkan Rp24 juta. Jika kamu hanya berpatokan pada hal ini, kamu hanya akan menabung dalam jumlah tersebut.

Padahal kamu bisa mengumpulkan uang lebih. Caranya mudah dan sepele lho, kamu hanya perlu mengumpulkan uang kembalian.

Baca juga: Ga Bisa Bikin Kue Lebaran? Jadi Reseller Aja. Duitnya Buat Nambah DP

Kamu berpikir, kok kayak pemulung atau kondektur angkutan umum saja. Tapi jangan salah lho, kalau cara ini direkomendasikan oleh perencana keuangan.

“Kami tidak pernah menghabiskan uang koin atau uang pecahan kecil,” ujar Direktur RBK Advisory, Jason Robinson seperti dikutip oleh situs properti Australia Realestate.com.au.

Baca juga: Tips Nabung Suami Istri: Duit Kamu, Ya Cara Kamu

“Saat ada uang kecil atau koin, semuanya masuk kaleng penyimpanan. Saat celengan penuh, semua uang dimasukkan ke bank dan disimpan dalam tabungan,” lanjutnya.

Robinson sedang mengajarkan bagaimana mengubah kebiasaan orang soal uang kembalian. Sepele tetapi bisa berdampak jangka panjang.

Baca juga: Tips Jual Rumah: Jadi Rumah Pertama atau Rumah Selamanya?

Kamu berangkat ke kantor menggunakan transportasi umum untuk menghemat pengeluaran dan kemudian menabung DP. Mungkin kamu naik angkot, busway, commuter line, atau ojek online. Pernah menghitung berapa uang pecahan Rp500, Rp1.000 atau Rp2.000 yang ada di kantong kamu?

Belum lagi saat kamu mampir ke mini market untuk membeli cemilan, air mineral, rokok, dan lainnya? berapa banyak uang pecahan Rp500, Rp1.000 atau Rp2.000 yang ada di kantong kamu?

Baca juga: Tips Menabung DP: Gimana Bisa Nabung Gede Tanpa Kamu Sadari

Coba hitung tiap hari ada berapa uang kembalian dalam kantong kamu? Mungkin ada dua koin Rp500, satu koin Rp1.000 dan satu lembar Rp2.000.

Jika ada Rp4.000 dalam bentuk koin per hari, coba deh untuk dimasukkan ke dalam celengan atau kaleng. Setelah sebulan berapa banyak yang bisa kamu tabung? Rp4.000 x 30 sama saja Rp12.000. Kalau setahun bisa mencapai Rp1,44 juta.

Baca juga: Berkat Investasi Properti dan Menabung, Generasi Milenial Ini Bisa Jadi Miliarder

Jumlahnya kecil atau nggak banyak? Ya, iyalah, tapi ingat lho kalau kamu sedang menabung dari uang recehan. Seandainya kamu nggak lakukan, mungkin kamu rugi?

Tapi, kalau kamu bisa melakukannya, kamu bisa menabung lumayan banyak lho. Jadi jangan remehkan uang kembalian ya.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me