LISA Juarai Hack Day Rumah123!

Big Banner
Inilah Sang Pemenang REAio Rumah123, grup pembuat inovasi LISA (Listing AR REA). Mereka terdiri atas Maulana Sobri /Sobri (paling kanan), Abdul Khoir/Iie (kedua dari kanan), Luthfi Farabi/Abi (ketiga dari kanan), dengan sponsor mereka, Adhitya Nugraha/Adhit (paling kiri). Foto: Rumah123/Jhony Hutapea

 

Rumah123 baru saja melangsungkan acara seru, REAio, yang melibatkan seluruh karyawannya. REAio merupakan Hackathon atau menyitir Wikipedia, dikenal juga dengan sebutan Hack Day, Hackfest, atau Codefest. Kata ‘hack’ di sini merujuk pada eksplorasi pemrograman, bukan pada computer crime.

Siapa pun yang punya ide menarik dan bisa diterapkan dalam keseharian kerja bisa mencetuskannya dalam program tahunan ini. REAio merupakan program peningkatan kompetensi yang diselenggarakan oleh seluruh kantor di bawah bendera REA Group. Di antaranya kantor di Kuala Lumpur, Jakarta, Singapura, Hongkong, dan Melbourne (kantor pusat REA Group). Representasi REA Group di Jakarta adalah Rumah123.com yang berkantor di Gedung 88, Lantai 37, Kota Kasablanka, Jakarta Pusat.

Baca juga: Rumah123 Kembali Meraih Indonesia Original Brand 2018

REAio Rumah123 berlangsung 2 hari (14-15 Agustus 2018). Sebelumnya, kelompok peserta yang terdiri atas 2-4 orang men-submit ide mereka. Hari pertama (14 Agustus 2018), merupakaan pembukaan sekaligus presentasi demo untuk ide yang sudah dikembangkan peserta, sekaligus penjurian untuk ide-ide yang bakal lanjut ke babak selanjutnya.

Pada hari kedua, berlangsung Market Day. Para peserta yang sudah dipilih juri menggelar karyanya pada semua karyawan Rumah123. Di sini setiap orang boleh bertanya perihal karya para peserta yang dipamerkan, kemudian mem-vote kelompok yang menurut penilaian mereka oke.

Market Day pada hari kedua pelaksanaan REAio Rumah123, 15 Agustus 2018, ramai dan meriah seperti pasar beneran lho! Foto: Rumah123/Jhony Hutapea

 

Hari kedua ini tambah meriah karena sekaligus ada perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus. Beragam lomba diikuti oleh hampir semua karyawan Rumah123, di samping mereka juga memberikan suara (vote) untuk karya-karya yang dipamerkan.

Vote dari para karyawan ini porsinya 30 persen, sedangkan dari para juri porsinya 70 persen. Jadi, ada penambahan poin dari vote teman-teman selain skor dari para juri,” kata Nila Puspita selaku panitia REAio Rumah123.

Baca juga: GM Rumah123 Terpilih Jadi Ketua Umum idEA 2018-2020

Selama 2 hari tersebut, kelompok peserta yang maksimal terdiri atas 4 orang, mematangkan ide, mengerahkan skill-nya, mengkreasikan gagasan ke depan untuk ide, inspirasi, dan kolaborasi untuk lebih mengembangkan apa yang sudah ada di Rumah123.

“Harapannya sih di setiap kelompok peserta itu merupakan kolaborasi dari berbagai divisi. Jadi, bukan cuma dari divisi IT aja, atau marketing aja, tapi dari semua divisi yang ada di Rumah123, divisi kreatif, sales, dan sebagainya,” kata Nila lagi.

 

Salah satu tim peserta REAio Rumah123 di Market Day, 15 Agustus 2018. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea

 

“Ada 8 tim yang jadi peserta dengan ide-ide yang bagus banget, gak nyangka deh mereka sangat antusias dan menyiapkannya maksimal banget. Saat weekend pun ada peserta yang sampai jam satu malam masih mempersiapkannya, jadi mereka betul-betul bersemangat ikut REAio ini,” kata Nila.

Tentang LISA, secara singkatnya sih gini, merupakan inovasi platform yang mengarahkan konsumen untuk menemukan lokasi properti yang diincarnya dari listing di Rumah123.com.

Dari 8 peserta, ada favorit dari yang nilai vote-nya tertinggi plus penilaian dari para juri.  Dari para juri sudah mendapat nilai yang bagus, ditambah nilai dari “vote” para karyawan pun bagus. Maka, keluarlah sebagai pemenang yakni kelompok yang membuat LISA (Listing AR REA).

Pencetus LISA terdiri atas Maulana Sobri (Sobri), Abdul Khoir (Iie), Luthfi Farabi (Abi), Deni Dharmatin Alisabri (Deni), dengan sponsor mereka, Adhitya Nugraha (Adhit). Sebagai pemenang, mereka terbang ke Kuala Lumpur pada 17 Agustus 2018 lalu untuk menggelar karya mereka.

“Di sana (Kuala Lumpur), sambutan buat mereka juga bagus banget. Karya mereka diapresiasi dan disukai,” kata Nila.

 

Sebagian tim peserta REAio Rumah123 berikut apresiasi yang didapatkannya. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea

 

Dari kegiatan Hack Day atau REAio ini, terciptalah budaya partsisipasi para karyawan untuk berani men-share ide, tentunya yang masih berhubungan dengan property digital. “Inovasi yang dikembangkan mengacunya pada target tahunan Henry Ruiz (CEO REA Group for Asia). Para peserta mendapat arahan dari line manager sebagai sponsor. Satu sponsor mengarahkan dua tim. Adapun poin-poin kriteria pemenang sudah ditetapkan, sehingga para juri menilai secara obyektif,” kata Nila lagi.

Baca juga: Dalam 3 Tahun, Rumah123 Meraih 6 Penghargaan

REAio selain mengembangkan kapasitas karyawan, tentunya juga berdampak positif bagi perusahaan (REA Group). Kegiatan ini pun menjadi ajang bagi upaya pencapaian 6 nilai REA  Group, yakni Own It, Do It With Heart, Do It As One Team, Reimagine It, Keep It Real, dan Inspire It. Selamat buat para pemenang, sampai jumpa di Hack Day Rumah123 tahun depan!

Makan Kerupuk, salah satu lomba khas perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus, menambah meriah Market Day REAio Rumah123 pada 15 Agustus 2018.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me