Tips Tinggal di Apartemen: Simpan Dokumen Paling Penting, Buang Yang Ga Perlu

Big Banner
Pasangan Trevor dan Alison Mazurek Memiliki Tips Tinggal Di Apartemen Yaitu Menyimpan Dokumen Dalam Bentuk Digital (Foto: Rumah123/Organized Home)

Jika kamu tinggal di hunian yang sempit, banyak hal yang mesti kamu lakukan untuk beradaptasi. Apalagi kalau sebelumnya kamu tinggal di rumah tapak milik orang tua yang berukuran luas.

Sebelumnya, kamu tinggal di rumah orang tua yang biasanya lega. Sekarang kamu memilih mandiri untuk menetap di apartemen.

Baca juga: “Galeri Seni” dalam Sebuah Apartemen Sempit, Bisa Juga Kok!

Apartemen tipe studio sudah pasti kecil. Luasnya hanya 18 m2. Ya, ukurannya sebelas dua belas dengan rumah petak.

Ukuran hunian yang kecil mau tidak mau membuat kamu beradaptasi. Ada tips menarik dari pasangan Trevor dan Alison Mazurek.

Baca juga: Ngapain Punya Perpustakaan Kalau Tinggal di Apartemen Sempit

Mereka tinggal di Vancouver, Kanada. Pasangan ini telah memiliki dua anak. Mereka tinggal di sebuah apartemen satu kamar tidur seluas 55 m2.

Pasangan ini memiliki blog 600 sq ft and a baby. Mereka rutin mengisi blog ini. Saat memulai blog, pasangan ini baru mempunyai satu anak.

Baca juga: Keluarga 5 Anak Happy Banget Tinggal di Apartemen Sempit

Setelah tinggal di apartemen satu kamar selama lima tahun, pasangan Mazurek memiliki sejumlah tips bagaimana tinggal di apartemen. Salah satunya adalah hanya menyimpan dokumen penting.

Sebenarnya sih, dokumen memang bikin pusing dan bisa buat hunian jadi berantakan, tidak peduli rumah kamu besar atau pun kecil. Jadi batasi diri sendiri dan punya aturan jelas.

Baca juga: Tinggal Nyaman di Apartemen Sempit, Santai Ke Mana Pun Naik Angkot

“Kami hanya memiliki satu kotak untuk berkas dan dokumen. Berkas dan dokumen lainnya kami buang atau kami buat digital,” ujar Mazurek seperti dikutip oleh situs Organized Home.

Tips ini mungkin tidak terlalu mudah ya bagi orang Indonesia. Tetapi, kamu bisa memulainya dengan merapikan dokumen mulai dari akta lahir, ijazah dari SD hingga perguruan tinggi, surat nikah, paspor, dan lainnya.

Baca juga: Mau Tahu Trik Desain Apartemen Sempit?

Untuk Indonesia, gaya hidup paperless sepertinya tidak mungkin ya. Jangan lupa untuk menyimpan pembayaran tagihan.

Kalau kamu memiliki scanner atau alat pemindai, pindai semua dokumen sebagai persiapan. Kamu nggak pernah tahu ada bencana kebakaran, banjir, atau kemalingan.

Jika ada berkas atau dokumen kurang penting, kamu bisa menyisihkannya. Kamu harus biasa untuk melakukan penyortiran secara berkala.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me