Tips Air Mancur yang Bisa Percantik Rumah

Big Banner
Air mancur di halaman sebuah rumah bergaya modern. Foto: Rumah123/Getty

Air mancur di rumah? Buat apa? Wah, belum tau ya? Kehadiran air mancur bisa bikin suasana jadi tenang dan relaks saat kita di rumah. Air mancur bisa jadi focal point (pusat/titik perhatian) bagi taman di rumah. Tentu aja itu kalau kamu bikinnya gak asal aja. Kalau mau air mancurmu oke, ya kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal dengan cermat seperti berikut ini:

Bentuk dan Ukuran

Tentukan bentuk dan ukuran air mancur yang kamu inginkan. Berapa luas, skala, dan bentuk taman di rumahmu agar nantinya kesemuanya jadi selaras. Umumnya bentuk air mancur itu kan bulat dengan kaki yang cukup tinggi. Nah, ketinggian ini harus kamu perhatikan dengan baik agar tetap seimbang dengan elemen lainnya yang ada di taman.

Bentuk air mancur juga perlu kamu sesuaikan dengan gaya penataan taman. Dalam hal ini, bentuk air mancur bisa beragam, mulai bentuk tradisional, eetnik, eksotik, dengan bentuk menyerupai pagoda yang bisa diterapkan pada taman bergaya Jepang ataukah berbentuk manusia dan hewan kalau taman kamu bergaya mediterania.

Baca juga: Bikin Air Mancur Ga Pakai Tenaga Listrik, Bisa Banget!

Lokasi

Peletakan atau posisi air mancur menentukan focal point taman. Jadi, perhatikan serius bentuk taman kamu secara keseluruhan supaya posisi air mancur tetap mendukung prinsip keindahan (estetika).

Kalau kamu pilih bentuk air mancur yang bundar, akan lebih kelihatan cantik kalau kamu letakkan di tengah taman. Sebagai pemanis, taruh tanaman-tanaman kecil di sekitarnya. Pastikan air mancur pada posisi di tengah berada tepat agar tak kelihatan asimetris yang bisa menganggu pemandangan dan estetika taman.

Kalau kamu lebih suka air mancur yang berbentuk kotak, maka kamu bisa meletakkannya baik di tengah maupun di bagian tepi kolam.

Baca juga: Wow, Kesegaran Alami Air Mengalir dalam Rumah

Material

Material yang kamu gunakan untuk membuat air mancur perlu kamu sesuaikan dengan tema taman. Material batu, tanah liat, atau keramik bisa kamu jadikan pilihan sesuai dengan area yang akan kamu letakkan. Bahan yang terbuat dari keramik, bisa kamu gunakan untuk air mancur di dalam rumah atau teras yang dekat dengan halaman. Kalau materialnya batu dan tanah liat, itu cocok untuk air mancur di luar ruangan.

Jangan lupa kamu cermati juga bahwa material air mancur akan memberi nuansa warna pada taman, yang kalau padukan dengan tanaman di sekelilingnya akan saling menunjang untuk mendongkrak keindahan taman.

*

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me