Dari Bengkel Berubah Jadi Rumah dan Workshop

Big Banner
Studio Desain asal Amerika Serikat, Davidson Rafailidis Mengubah Bengkel Menjadi Hunian dan Workshop (Foto: Rumah123/Dezeen)

Alih fungsi bangunan memang hal biasa di luar negeri, bagaimana dengan Indonesia? Bisa nggak ya, bangunan diubah menjadi hunian?

Studio desain asal Amerika Serikat, Davidson Rafailidis mengubah sebuah bengkel menjadi rumah dan juga workshop. Studio ini didirikan oleh Stephanie Davidson dan Georg Rafailidis.

Baca juga: Cafe Bernuansa Tropis yang Warna Warni, Milenial Mau Bisnis Kuliner?

Bangunan ini berada di Buffalo, New York, Amerika Serikat. Bangunan ini berdiri sejak awal abad 20 alias sejak 1900-an.

Sebelumnya, bengkel ini sempat diubah menjadi sebuah kantor untuk kontraktor umum. Sekarang, Davidson Rafailidis mengubahnya menjadi hunian plus workshop.

Baca juga: Rumah dan Studio Ini Aslinya Bengkel Kerajinan Lho, Ga Percaya Kan?

Davidson Rafailidis mempertahankan cat lama, tidak memoles lantai beton, dan membiarkan sejumlah material kayu terekspos. Hasilnya hunian dan kantor ini memang masih berdesain industrialis.

Banyak bagian yang tidak diplester. Batu bata dibiarkan terekspos. Meski ada juga yang dicat ulang dengan warna cat putih.

Baca juga: Pabrik Roket Ini Didesain Ulang Jadi Bengkel, Cafe, dan Kantor! Oke Juga Kan?

“Dari pada merancang hunian ini menjadi lebih segar, ruang baru, dan perubahan. Bentuk yang sudah ada diintepretasikan lebih baru,” ujar Davidson Rafailidis kepada situs arsitektur dan desain Dezeen.

Studio arsitek mendesain hunian nyaman seluas 43 m2. Pasangan yang menjadi pemilik hunian bisa menikmati hunian dengan konsep terbuka. Rumah ini memiliki dapur, ruang duduk, ruang makan, dan ruang tidur.

Baca juga: Siapa Sangka Kalau Rumah Keren Ini Dulunya Bengkel Mobil, Lho!

Hunian ini juga terhubung dengan workshop. Ada akses menuju taman di bagian depan dan rooftop. Kalau semuanya dibuka, pemilik mempunyai area kerja seluas 480 m2.

Davidson Rafailidis membuat 10 skylight di atap rumah. Hal ini dilakukan agar cahaya alami dan udara bisa masuk dengan leluasa ke dalam rumah.

Jika kamu memiliki bangunan tua seperti ini, nggak ada salahnya untuk mengalihfungsikan menjadi hunian. Hmm, tapi kalau Indonesia memang belum banyak sih.

Baca juga: Bengkel Tua Diubah Jadi 10 Rumah Mewah, Mau Ikutan Juga Ga?

Bengkel Ini Dibangun Pada Awal 1900-an dan Sudah Pernah Beralih Fungsi (Foto: Rumah123/Dezeen)

Davidson Rafailidis Tidak Mengubah Beberapa Bagian dan Membiarkan Seperti Keadaan Aslinya (Foto: Rumah123/Dezeen)

Davidson Rafailidis Memasang 10 Skylight Agar Hunian Menjadi Lebih Terang (Foto: Rumah123/Dezeen)
Davidson Rafailidis Merancang Hunian Bersisian dengan Workshop. Penghuni Bisa Membuka Sekat Sehingga Workshop Menjadi Lebih Luas (Foto: Rumah123/Dezeen)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me