10 Tips Menata Ruangan di Rumah Mungil

Big Banner

Foto: Rumah123/Getty

 

Rumah baru meskipun mungil bikin semangat untuk menata dan mendekornya. Kalau kamu belum tahu harus memualinya dari mana, berikut ini ada 10 langkah yang disarankan housebeautiful.com.

Ke-1, pilih furnitur yang tepat.

Kalau rumahmu mungil, gak usah melirik furnitur yang gede-gede karena bisa bikin sesak ruangan. Rak buku, misalnya, pilh aja yyang rendah. Kalau kamu pilih yang tinggi, akan menutup ruangan.

Ke-2, warna kontras, akses cantik untuk ruangan mungil.

Dengan menerapkan focus of interest, rumah mungil pun sebenarnya bisa tampak menarik. Fokus ruang dapat lebih mudah kamu buat dengan cara menempatkan sebuah unsur yang kontras dengan latar belakangnya. Sebagai contoh, buatlah warna kontras di balik pintu masuk. Penerapan warna kontras memberikan kesan dinamis dan fresh.

Ke-3, sofa tanpa sandaran tangan.

Sofa tanpa sandaran tangan bikin ruang terasa lebih terbuka. Pastikan juga kamu gak meletakkan banyak furnitur karena akan mengacaukan ruang tamu mungilmu dan membuatnya terlihat penuh.

Baca juga: Rumah Mungil yang Aman, Nyaman, dan Tenteram

Ke-4, letakkan tempat tidur di tengah ruangan.

Tempat tidur gak harus mepet ke dinding sebagaimana sering kita lihat pada ruang tidur rumah mungil. Justru di kamr tidur yang tak luas, ranjang sebaiknya ditempatkan di tengah ruangan, sehingga memberikan kesan lapang dan nyaman.

Ke-5, buat zona sebagai pembeda antar-ruang.

Kalau ruangan terasa monoton, kamu bisa menerapkan zona pembeda yang memisahkan anatar-ruang. Misalnya, membagi ruang tamu dengan memberikan warna cat atau wallpaper yang berbeda dengan ruang di sebelahnya. Kamu juga bisa menempatkan karpet yang memiliki motif berbeda untuk membagi ruangan.

Ke-6, gantungkan tirai mulai dari langit-langit.

Garis vertikal memberikan kesan tinggi dan lapang. Nah, maka gantngkan tirai sedekat mungkin dengan langit-langit ruangan. Dengan cara ini, maka kehadiran tirai tersebut memberi kesan luas dan tinggi.

Baca juga: Rumah Mungil yang Punya Ruang Tamu Luas

Ke-7, tempatkan rak terbuka untuk dapur.

Model lemari tertutup gak terlalu berkesan bagus untuk dapur mungil. Coba pilih rak yang terbuka, sehingga memperlihatkan tumpukan piring. Bahkan, kamu bisa meletakkan elemen interior semisal lukisan atau vas.

Ke-8, pilih meja berbentuk oval.

Meja dengan bentuk persegi memiliki sudut tajam dan runcing. Jadi, sebaiknya kamu pilih meja dengan bentuk oval yang memiliki sudut melengkung, sehingga penghuni rumah bisa leluasa lalu-lalang.

Ke-9, buat pola bergaris di penutup lantai.

Untuk menciptakan kesan lapang di ruangan rumah yang mungil, kamu bisa memainkan pola atau motif penutup lantai. Seperti pola bergaris yang akan memberikan kesan luas pada ruangan.

Baca juga: Rumah Mungil Hasil Daur-Ulang, Pastinya Ramah Lingkungan

Ke-10, gunakan pintu dan lemari kaca.

Pilih pintu maupun lemari berbahan kaca untuk rumah mungil. Hal ini akan membuat kesan pandangan jadi lebih luas dan menambah pantulan cahaya ke dalam rumah sehingga ruangan tambah terang. Lebih-lebih di ruangan yang gelap.

*

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me