Efisien Tapi Tetap Nyaman

Big Banner

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Desain lebih cermat ruangan yang sempit agar tetap nyaman dan aman ditinggali.

Kamar tidur sebagai area paling privat di rumah kini luasannya juga cenderung semakin kecil terutama dalam konsep rumah urban di lahan terbatas. Karena itu Kita perlu lebih cermat memanfaatkan ruang yang kian sempit itu agar tetap nyaman ditinggali.

kamar mandi di kamar

The most important think is space. Ini harus disadari setiap kita saat merancang sebuah ruangan. Ada banyak hal yang bisa dikreasikan. Ruangan besar pun (kalau tidak dirancang dan dikreasikan) belum tentu efisien,” kata Lea Aziz, Ketua Himpunan Desain Interior Indonesia (HDII).

Ia menyarankan perencanaan ruang (space planning) dilakukan secara matang, tidak sembarangan. Ruang yang sempit juga harus memikirkan faktor keamanan. Misalnya, saat terjadi kebakaran,  di ruang yang terbatas itu harus dipikirkan tempat untuk melompat atau keluar dari kamar. “Space planning harus juga memperhatikan kesehatan dan keamanan selain efisiensi ruang. Efisiensi penting tapi harus tetap nyaman dan selamat (aman),” jelas Lea.

Kamar yang cukup ideal memiliki luasan bersih sekurangnya 3 x 3 m2 dengan asumsi hanya diisi tempat tidur dan lemari pakaian. Tambahan tempat penyimpanan bisa dimodifikasi berupa laci-laci di bawah tempat tidur atau rak-rak terbuka di dinding atas tempat tidur. “Meja rias sekarang langsung ditaruh di kamar mandi saja supaya lebih simpel dan kompak, jangan di kamar tidur lagi,” sarannya.

Ukuran perabot

Untuk kamar yang luasannya sangat terbatas seperti unit apartemen atau di rumah mungil, ada banyak siasat desain yang bisa kita lakukan. “Ukuran kamar di bawah 3 x 3 m2 sudah kurang manusiawi. Tapi, jika itu yang ada, siasat desain memang jadi makin penting,” kata Lea. Ukuran tempat tidur misalnya, jangan terlalu ideal tipe 1,8 x 2 m2, tapi bisa pilih yang lebarnya 1,4 m atau 1,5 m x 2 m. Ranjang ini masih cukup untuk pasangan.

kamar mandi di kamar

Di apartemen tipe studio, lemari pakaian bisa ditiadakan dan diganti model rak-rak gantung yang lebih hemat tempat dan fungsional. Perabot multifungsi yang fleksibel yang bisa dilipat juga boleh dipertimbangkan untuk dipakai. “Tapi, harus dipikirkan dan diantisipasi juga sejak awal kemungkinan terjadi kerusakan atau macet pada perabot yang malah bisa bikin susah. Belum lagi alasan kesehatan. Tempat tidur yang dilipat biasanya pakai material khusus yang belum tentu baik untuk punggung kita,” ujarnya.

Kamar mandi di kamar

Jika ingin mengintegrasikan kamar mandi ke dalam kamar tidur, kita perlu ruang setidaknya 4,5 x 4,5 m2 dengan luas kamar mandi (1,2-1,5) x 1,5 m2. Peletakan pintu kamar mandi harus menyampingi tempat tidur untuk alasan kesehatan dan kenyamanan visual. Jika pintunya menghadap langsung ke tempat tidur, kelembaban dari kamar mandi dikhawatirkan bisa mengganggu kenyamanan di kamar tidur.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me