Sikap Warga Menentukan Peradaban Kota

Big Banner

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – membangun peradaban kota

Membangun Peradaban Kota
Penulis: Nirwono Joga, Dhaneswara Nirwana Indrajoga
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Cetakan pertama: September 2018
Tebal: 284 + xii halaman
Harga Rp97.000/eksemplar

Ini buku kesembilan Nirwono Joga yang berbicara mengenai kota dan segala hal ihwalnya yang diterbitkan Gramedia. Sebelumnya pengamat tata kota dan pengajar di Universitas Trisakti ini telah menulis buku mengenai lingkungan dan perkotaan seperti “Komedi Satire Ruang Terbuka Hijau” (2007), “Bahasa Pohon Selamatkan Bumi” (2009), “RTH 30 Persen: Resolusi (Kota) Hijau” (2011), “Memetakan Hijau Kota” (2012), “Gerakan Kota Hijau” (2013), “Greenesia” (2014), “Mewariskan Kota Layak Huni” (2017), dan “Kota Cerdas Berkelanjutan” (2017).

“Membangun Peradaban Kota” merupakan kumpulan tulisan Yudi-panggilan akrab Nirwono-sejak tahun 2014 hingga 2018 di berbagai media cetak dan online. Total ada 50 tulisan yang ditampilkan di buku yang dibagi ke dalam delapan tema besar, sehingga membacanya bisa secara runut dan sesuai tema. Yaitu, Ibukota Kita, Banjir, Hunian Kota, Pasar, Infrastruktur Gender, Kota Seharusnya, Asa Kota, dan Peradaban (Baru) Kota.

Secara umum ke-50 tulisan yang tersaji mengulas soal dinamika perkembangan ibukota Jakarta seperti membanjirnya air, orang, dan kendaraan, penyediaan hunian dan permukiman bagi warga kota, upaya revitalisasi pasar rakyat, konsep transit oriented development (TOD), dan lain-lain yang seluruhnya bermuara untuk mewujudkan peradaban baru kota.

Secara menarik Yudi yang merupakan juri tetap ajang Green Property Awards HousingEstate sejak tahun 2009, merangkai tema-tema tulisannya dikaitkan dengan program kerja Gubernur Jakarta sejak Basuki T Purnama (Ahok) hingga Anis Baswedan. Tulisan itu juga sekaligus menjadi semacam pengawal atau pengingat terhadap realisasi janji-janji dan program kerja kedua gubernur. Karena itu dalam tulisan ada berbagai kritik dan juga solusi yang ditawarkan Yudi.

Akhirnya, kota memang perlu dirancang, dikelola, dan dilakoni perkembangannya oleh seluruh warganya, karena kota menentukan peradaban dan warga kota menentukan wajah kotanya. Dengan membangun warga kota, peradaban terbangun dan itu harus mencerdaskan melalui tata ruang yang berkeadilan dan berkelanjutan, karena kota adalah rumah untuk semua. Buku ini dilengkapi ilustrasi foto-foto yang menarik hasil jepretan Dhaneswara Indrajoga. Yudis

Lihat tampilan baru di housingestate.id

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me