Cibitung dan Menteng Jadi Andalan Metland

Big Banner

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Selama semester pertama (Januari-Juni) 2018 PT Metropolitan Land (Metland) Tbk membukukan penjualan yang cukup baik, Rp596 miliar atau naik 22 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang hanya Rp488 miliar, dengan laba mencapai Rp234 miliar atau meningkat 109 persen.

Metland Cibitung (Dok. Majalah HousingEstate)

Metland Cibitung (Dok. Majalah HousingEstate)

Menurut Direktur Keuangan Metland Olivia Surodjo, pencapaian itu disumbang terutama oleh penjualan properti di Metland Cibitung (355 ha) Bekasi-Jawa Barat dan Metland Menteng (139 ha) Cakung-Jakarta Timur, yang masing-masing berkontribusi 29 dan 13 persen.

“Laba perusahaan bisa meningkat lebih dari 100 persen dengan kami menerapkan penjualan residensial dipadu lahan komersial di proyek residensial. Konsep ini bisa saling mendukung dan memang terbukti meningkatkan penjualan,” ujarnya saat acara Investor Summit 2018 yang diselenggarakan Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta pekan ini.

Metland sedang mengembangkan dan memasarkan tujuh proyek yang telah berjalan selain Metland Cibitung dan Metland Menteng. Di antaranya Metland Puri (62 ha) dan Metland Cyber City (57 ha) di Cipondoh, Kota Tangerang-Banten, Metland Tambun (37 ha) di Bekasi, Metland Transyogi (132 ha) dan Metland Cileungsi (134 ha) di Cileungsi, Bogor-Jawa Barat. Selain itu ada beberapa proyek lain seperti perkantoran, hotel, dan mal.

Untuk proyek yang masih dalam perencanaan dan tahap awal pengembangan adalah Kaliana Apartment (3.170 m2), One Parc Puri (7,6 ha), The Riviera at Puri (12 ha), dan Royal Venya Ubud (1,7 ha). Dengan porsi itu perbandingan penjualan dari proyek pengembangan (development) dengan pendapatan berulang (recurring income) Metland sudah mencapai 59:41. Porsi recurring income terbesar dari shopping mall (30 persen), hotel (9 persen), dan lainnya (2 persen).

“Tahun ini kami menganggarkan belanja modal (capital expenditure/capex) Rp450 miliar dan sudah terpakai Rp330 miliar dengan Rp177 miliar di antaranya untuk akuisisi lahan. Land bank eksisiting saat ini di atas 600 hektar dengan total gross land bank di atas 800 hektar. Kami masih sangat optimistis dengan target-target bisnis untuk tahun ini,” beber Olivia.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

housing-estate.com