DP 0% Tingkatkan Jumlah Milenial Beli Rumah, Termasuk Kamu?

Big Banner

 

Foto: Rumah123/Getty

 

Milenial beli rumah saat ini kian bertambah saja. Kebijakan Bank Indonesia (BI) merelaksasi loan to value (LTV) yang berlaku sejak 1 Agustus 2018 ini rupanya berdampak positif bagi milenial. Generasi milenial yang dikenal gak tertarik beli properti ini dilaporkan kini banyak yang beli rumah melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan uang muka atau down payment (DP) nol rupiah.

Dalam diskusi Indonesia Housing and Creative Forum berjudul Uang Muka KPR Nol Rupiah Dongkrak Kebangkitan Properti Milenial, Manajer Departemen Kebijakan Makroprudensial BI, Bayu Adi Gunawan, mengatakan, pengajuan KPR oleh generasi milenial mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Baca juga: Rumah Sempit Impian Kaum Milenial

Mereka yang mengajukan KPR ini berusia antara 26 tahun sampai 35 tahun. Data BI menunjukkan adanya peningkatan tentang hal ini dari 2014 sampai 2017. Bahkan, perkembangan pemanfaatan KPR oleh generasi milenial tersebut lebih besar jumlahnya dibanding mereka yang berumur 35 – 46 tahun.

“Gen Y atau milenial sudah mulai banyak berinvestasi di sektor properti melalui KPR,” kata Bayu, seperti dikutip Kompas.com, Selasa (4-9-2018).

Baca juga: Punya Rumah Sendiri Itu Bukti Generasi Milenial Bisa Aktualisasi Diri, Masih Nunda Beli Nih?

Tipe rumah yang gimana sih yang diminati para milenial ini? Menurut Bayu, mereka kebanyakan membeli hunian berlahan 22-70 meter persegi. Pilihan tipe ini baik untuk hunian tapak maupun hunian vertikal (apartemen).

Demi menarik milenial agar semakin banyak yang tertarik untuk beli properti, BI akan mempermudah prosesnya, terutama bagi milenial yang pertama kali mengajukan KPR. “Porsi KPR-nya sangat dominan. Kami ingin melonggarkan aturan untuk first home buyer,” kata Bayu.

Nah, mumpung prosesnya dipermudah, ayo beli rumah!

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me