5 Keunggulan Semen Siap Guna untuk Bangun Rumah Ga Pake Lama!

Big Banner
Ilustrasi Foto: Rumah123/Getty

 

Masih mencampur pasir dan semen, serta air saat membangun rumah? Belum lagi pasirnya harus diayak dulu agar gak menggumpal. Wah, ribet juga ya dan makan waktu pula cara manual seperti itu. Kini ada semen model baru yang langsung digunakan, gak perlu buat adukan atau mencampur dulu dengan material bangunan yang lainnya.

PT Holcim Indonesia Tbk baru saja meluncurkan produk semen campuran bermerek Morpla pada Rabu (5-9-2018) di Jakarta. Semen ini merupakan jenis baru di Indonesia. Head of Value Added Solutions Holcim Indonesia, Oktavina Damayanti, seperti dikutip Kompas.com, Kamis (6-9-2018) mengatakan, Morpla dibuat berdasarkan penelitian dan pengembangan jenis semen yang praktis, tetapi tetap terjaga kualitasnya.

Morpla merupakan produk campuran semen siap guna yang mempermudah konsumen untuk memenuhi kebutuhan ketika membangun rumah dalam skala kecil maupun besar.

Baca juga: Bangun Rumah Dupleks Hanya 12 Minggu, Inspiratif Banget Hasilnya!

Apa aja sih keunggulan menggunakan semen campuran model baru ini?

Pertama, irit waktu dan tenaga.

Menggunakan semen campuran model baru ini lebih cepat 30% ketimbang cara manual yang butuh waktu lebih banyak untuk mempersiapkan material pasir, mengayaknya, kemudian mencampurnya dengan semen dan air.

Saat membangun atau merenovasi rumah, Morpla bisa langsung digunakan untuk memplester batu bata hingga menjadi dinding.

Cukup satu orang untuk mengerjakan. Tenaga yang dibutuhkan minimal dua orang. Sesuai riset yang dilakukan, waktu pengerjaan bangunan dengan menggunakan Morpla lebih cepat 30 persen dibanding dengan cara manual.

“Kalau Morpla, begitu datang bisa langsung digunakan. Jadi, Morpla 30 persen lebih cepat karena menghilangkan aktivitas mencampur semen secara manual,” ujar Oktavina.

Baca juga: Penting untuk yang Mau Bangun Rumah!

Kedua, kualitasnya lebih konsisten.

Produk ini dibuat langsung di batching plant yakni lokasi produksi dan pencampuran bahan-bahan yang diperlukan, sehingga menghasilkan semen siap guna. Pencampuran bahan-bahan itu dilakukan menggunakan kalkulasi teknologi komputer dan ada bagian pengawasan atau quality control (QC) yang menjaga kualitasnya tetap sama baiknya.

Ketiga, fleksibiltas penggunaan material.

Campuran semen Morpla ini bisa digunakana maksimal dua hari, dengan syarat ditempatkan dalam wadah yang disediakan khusus. Contohnya, kalau pengerjaan memplester dinding rumah ternyata belum selesai hari itu, bisa dilanjutkan besoknya dengan tetap menggunakan campuran semen yang sama asalkan berada di tempat yang ditentukan. Dengan demikian, tidak ada material sisa yang sia-sia.

“Morpla bisa digunakan 8 sampai 36 jam, maksimal dua hari belum kering selama ada di wadahnya, dan enggak ada material yang terbuang. Dibanding campuran manual, sekali ngaduk langsung kering, jadi ada waste sehingga enggak fleksibel,” kata Oktavina.

Baca juga: Bangun Rumah Tingkat Ga Pake Takut Roboh

Keempat, praktis dan ekonomis.

Karena Morpla merupakan barang yang sudah jadi dan siap guna, maka tidak dibutuhkan tempat yang luas untuk mengolah dan menyimpannya. Konsumen bisa langsung mengaplikasikannya ke rumah atau bangunan lain walaupun lokasinya terpencil dan sempit, sehingga kebersihannya tetap terjaga.

“Produk ini enggak butuh tempat untuk mengaduk campurannya dan gudang untuk menyimpan. lokasi bangunan, jadi lebih bersih. “Kalau semen manual butuh tempat khusus,” katanya.

Kelima, hasil plesteran lebih bagus.

Hasil plesteran menggunakan Morpla terlihat lebih halus karena material campurannya diproduksi sesuai standar batching plant Holcim. Sementara kalau menggunakan campuran semen manual, tekstur plesteran semen yang dihasilkan tampak kurang halus. Sebab, bahan-bahan campurannya belum tentu terjamin mutunya.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me