Rumah Tahan Gempa Conwood untuk Warga Lombok

Big Banner

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Bencana gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), telah memantik keprihatinan berbagai pihak. Tak terkecuali PT Conwood Indonesia, produsen papan semen yang juga memiliki produk rumah instan tahan gempa Rumah Conwood.

conwod peduli rumah tahan gempa

Conwood mengirimkan empat unit produk rumah prefabrikasi itu ke Lombok tipe 36 m2. “Ini bentuk kepedulian dan rasa duka cita kami yang mendalam kepada seluruh korban gempa Lombok. Semoga donasi Rumah Conwood ini bisa memberikan semangat percepatan bangkitnya Lombok, khususnya di Lombok Utara pasca gempa,” kata Rizki Kresno, Presiden Direktur Conwood Indonesia, saat melepas Rumah Conwood dari pabrik Conwood di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Bekasi (Jawa Barat), sebagaimana dikutip siaran pers Conwood yang diterima housing-estate.com di Jakarta, Jumat (7/9/2018).

Rumah Conwood ini akan diserahkan kepada pihak TNI yang akan melakukan rehabilitasi pasca gempa di Lombok. Untuk lokasinya diserahkan sepenuhnya kepada TNI sesuai penilaian terhadap lokasi yang paling membutuhkan. Sebelumnya Conwood juga pernah bekerja sama dengan Kopassus TNI AD di Serang, Banten, untuk pembangunan Rumah Conwood.

Rumah Condwood bisa dibangun selama tujuh hari dengan tujuh orang tukang untuk tipe 36 m2. Rumah Conwood terdiri dari atap metal berpasir, rangka baja ringan, dan seluruh dinding, partisi, plafon, hingga kusen pintu-jendela menggunakan papan semen dengan ketebalan 22 mm. Dindingnya pun bisa digunakan untuk menggantung AC, TV, dan lainnya dengan bobot maksimal satu ton. Yang belum termasuk dari Rumah Conwood adalah pondasi dan septic tank.

Produk papan semen Conwood sendiri disebut sudah sangat bisa menggantikan fungsi kayu dengan beberapa kelebihan seperti anti rayap dan tidak merambatkan api (fire retardant). Bila papan semen Conwood terbakar, masih ada waktu sekitar 30 menit sebelum terbakar habis. Bobotnya yang lebih ringan juga membuat Rumah Conwood lebih tahan gempa. Satu unit Rumah Conwood tipe 36 m2 harganya sekitar Rp55 juta.

“Rumah Conwood juga sudah lolos uji Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Puskim Kemenpupera). Artinya sangat layak dan bisa digunakan seperti rumah biasa,” jelas Rizki.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me