Bermitra dengan Jepang Lagi, Jababeka Kembangkan Golf Villas

Big Banner

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – PT Grahabuana Cikarang (GBC), anak usaha PT Jababeka Tbk yang mengembangkan kota baru Jababeka Residence (500 ha) di Kota Jababeka (5.600 ha), Cikarang-Bekasi (Jawa Barat), kembali menggandeng perusahaan Jepang untuk mengembangkan proyek properti di kota baru tersebut. Yaitu, Keihan Real Estate Co Ltd dan Nice Corporation.

keyhan

Penandatanganan joint venture dilakukan President Director GBC Sutedja S Darmono, President Keihan Yoshihisa Doumoto, dan Chairman Nice Corporation Koichiro Hirata di Jakarta, Rabu (5/9/2018). Komposisi saham untuk kerja sama JV ini secara berurutan antara Jababeka, Keihan, dan Nice Corporation adalah 49, 48, dan 3 persen. Perusahaan JV ini akan dipakai untuk pengembangan proyek residensial berkonsep golf villas seluas 2,7 ha dengan target kalangan atas.

“Ini merupakan momentum yang tepat untuk mengembangkan kawasan Jababeka Residence menjadi kawasan residensial kelas atas setelah sukses dengan proyek JV sebelumnya yang juga dengan perusahaan Jepang, yaitu Creed Group untuk pengembangan apartemen Kawana Golf Residence. Pengembangan golf villas ini untuk merealisasikan kawasan residensial berstandar internasional karena banyaknya populasi segmen menengah atas dan ekspatriat di Kota Jababeka,” kata Sutedja melalui siaran pers di Jakarta, Kamis (6/9/2018). Kota Jababeka adalah kawasan industri dipadu dengan hunian aneka segmen dengan segala kelengkapan fasilitasnya.

Pengembangan Kota Jababeka makin pesat belakangan ini menyusul masifnya pembangunan infrastruktur jalan dan akses di Bekasi. Misalnya pembukaan akses jalan tol baru di km 29 Cikarang Utara di jalan tol Jakarta-Cikampek yang akan terkoneksi langsung dengan Jababeka via Cikarang Dry Port.

Kemudian proyek jalur kereta komuter dwiganda Cikarang-Jakarta, transportasi massal mass rapid transit (MRT) Balaraja-Cikarang, rencana perpanjangan jalur light rail transit (LRT) hingga ke Cikarang, dan jalan tol layang (elevated) Jakarta-Cikampek. Akses ke Jababeka juga semakin mudah dengan adanya tiga akses exit tol di km. 31 Cikarang Barat, km 34,7 Cibatu, dan km 29 Cikarang Utara itu.

JV golf villas sendiri akan menjadi bagian dari pengembangan kawasan eksklusif Jababeka Golf City seluas 180 ha di Jababeka Residence yang konsep pengembangannya mengacu pada kawasan hunian eksklusif Pondok Indah di Jakarta Selatan. Jababeka Golf City juga mencakup pengembangan JV lainnya seperti Kawana Golf Residence, Aeon Retail Facility Jababeka (JV Jabebeka Residence-PP Properti), dan Mayfair (JV Plaza Indonesia-Jababeka).

Banyaknya pengembangan JV di satu kawasan ini diharapkan bisa menarik pasar segmen premium. Terlebih sudah ada fasilitas lapangan golf berstandar internasional Jababeka Golf & Country Club yang telah menjadi favorit kalangan ekspatriat dengan pengguna ekspatriat mencapai 85 persen.

Kawasan yang semakin terintegrasi dengan fasilitas transportasi publik itulah yang menarik Keihan masuk. Di Jepang, Keihan adalah pengembang terintegrasi (integrated developer) yang banyak membangun proyek residensial berdasarkan jalur transportasi kereta (Keihan Line) yang dibangun Keihan Group.

Jalur utama Keihan Line di Jepang meliputi Osaka-Kyoto yang telah menjadi daya tarik turis karena pemandangan indah sepanjang jalurnya. Di jalur transportasi kereta ini, Keihan Group memiliki unit bisnis real estat, ritel, dan leisure dengan total 50 anak perusahaan. Portofolio lain Keihan adalah kawasan residensial eksklusif The Fine di Yokohama, Nishiomiya, Osaka, dan Tokyo.

Sementara Nice Group adalah kelompok usaha yang bergerak dalam pembangunan perumahan yang menggunakan kayu sebagai material utamanya. Kapasitas produksi perusahaan ini mencapai 1 juta m3 per tahun atau setara dengan 50 ribu rumah kayu. Brand rumah stand alone mili Nice Group yaitu Suteki Home yang bergaransi anti retak dan bocor selama 10 tahun. Produknya sudah hadir di Amerika, Eropa, Afrika, dan Indonesia.

GM Corporate Marketing GBC Handoyo Lim menyebutkan, golf villas ini rencananya  dinamakan Paradiso Jababeka Golf dengan konsep klaster berdesain unik khas Jepang di kawasan lapangan golf. “Dengan pengalaman Keihan yang sudah lebih dari 100 tahun dan kualitas Suteki Home, akan ada banyak keunggulan terkait konsep dan fasilitas yang ditawarkan kawasan,” katanya.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

housing-estate.com