Perdamaian Dunia Arab Berawal dari Gedung Berdesain Unik Ini

Big Banner
Issam Fares Institute for Public Policy and International Affairs Ini Terletak di Beirut, Lebanon (Foto: Rumah123/Archdaily)

Semakin banyak bangunan universitas atau lembaga kajian yang memiliki desain keren. Bukan zamannya lagi bangunan berdesain standar kan?

Issam Fares Institute for Public Policy and International Affairs atau IFI memiliki desain yang futuristik. Bangunan ini berada di American University of Beirut, Lebanon.

Baca juga: Desain Kampusnya Keren, Siapa Mau Kuliah Lagi?

Biaya pembangunannya didanai oleh Issam Fares, konglomerat dan politisi asal Lebanon. Pria yang sudah berusia 80 tahun ini juga pernah menjadi Deputi Perdana Menteri Lebanon.

Bangunan lembaga kajian ini didesain oleh mendiang Zaha Hadid dan Patrick Schumacher dari biro arsitektur asal Inggris, Zaha Hadid Architects. Hadid adalah arsitek wanita yang dikenal karena bangunan berbentuk melengkung.

Baca juga: Kayak Apa Sih Rumah untuk Gelandangan yang Didesain Mahasiswa Arsitektur?

Issam Fares Institute for Public Policy and International Affairs seperti melayang di udara. Sebagian bangunan memang seperti tidak memiliki penyangga.

Gedung ini mempunyai luas 3.000 m2. Sejumlah fasilitas berada di dalam gedung, salah satunya adalah auditorium yang bisa menampung 100 orang.

Baca juga: Kalau Museumnya Keren Kayak Gini, Kamu Pasti Rajin Datang Berkunjung!

Zaha Hadid Architects memenangkan sayembara desain ini pada 2006. Namun, penyelesaian pembangunan gedung ini baru dituntaskan pada 2014.

Lembaga kajian Issam Fares Institute for Public Policy and International Affairs berdiri untuk meningkatkan kualitas kebijakan publik dan pengambilan keputusan terkait dunia Arab, meningkatkan kontribusi dunia Arab terhadap masalah internasional.

Baca juga:  Siapa Mau Kuliah di Kampus Masa Depan?

Selain itu, lembaga ini juga ingin meningkatkan kualitas di antara para pakar, pejabat, dan pihak berkepentingan di Timur Tengah. Lembaga ini terbuka, netral, dan dinamis.

Gedung Issam Fares Institute for Public Policy and International Affairs juga sukses meraih beberapa penghargaan. Salah satunya adalah Aga Khan Award for Architecture untuk periode 2014-2016. Penghargaan ini diberikan sejak 1977 silam. Ada 348 proyek dari 69 negara yang masuk. Bangunan ini menjadi salah satu dari enam pemenang.

Baca juga:  Inilah Rumah Penampungan Buatan Mahasiswa Universitas Southern California

Penghargaan ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memberikan apresiasi pada karya arsitektur yang bisa memenuhi kebutuhan dan aspirasi masyarakat Muslim di bidang desain kontemporer, perumahan sosial, pembangunan dan pengembangan komunitas, perbaikan, konservasi dan penggunaan kembali bangunan, serta desain lanskap, dan pengembangan lingkungan.

Biro Arsitek asal Inggris, Zaha Hadid Architects Mendesain Issam Fares Institute for Public Policy and International Affairs (Foto: Rumah123/Archdaily)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me