Kemendes PDTT Siap Kolaborasi dengan idEA Bangun Ekonomi Digital

Big Banner
Masyarakat yang Tinggal di Pedesaan Bisa Diberdayakan Lewat Ekonomi Digital (Foto: Rumah123/Media Indonesia)

Potensi ekonomi daerah tertinggal sebenarnya besar lho. Masyarakat desa tertinggal bisa diberdayakan lewat pembangunan ekonomi. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) siap bekerja sama dengan idEA.

Indonesia memiliki potensi ekonomi dari desa. Saat ini, Indonesia memiliki hampir 75.000 desa yang tersebar di lebih dari 400 kabupaten.

Baca juga: Seberapa Penting Sih Digital Marketing Sekarang Ini?

idEA pun terus menggiatkan ekonomi digital. idEA, Indonesia E-commerce Association menyelenggarakan Lokal Good dengan tema “Berjayanya Produk Lokal di Era Digital” di The Hall Kasablanka, Jakarta Selatan pada 12-14 September 2018.

Salah satu pembicara yang memberikan materi adalah Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Samsul Widodo.

Baca juga: Agen Properti Zaman Now Wajib Gunakan Digital Marketing

Widodo menyatakan dia sudah mendata peluang bisnis di sejumlah kabupaten. Dari 122 kabupaten, 40 di antaranya sudah tertangani.

“Terus terang yang jadi persoalan di kami adalah kami punya keterbatasan resource. Kami akan kerja sama dengan IdEA untuk hal ini,” ujar Widodo kepada Rumah123.

Baca juga: Ekonomi Digital Bisa Berdayakan Masyarakat Desa Tertinggal

Dia melanjutkan kalau masih banyak daerah terutama di Indonesia Timur yang harus ditangani. Widodo berharap kalau idEA bisa membantu, salah satunya dengan membuka kantor di daerah.

idEA merupakan organisasi yang berdiri pada Mei 2012 di Jakarta. Ada sembilan perusahaan e-commerce yang menggagas pendirian asosiasi ini.

Baca juga:  Aplikasi Digital Bikin Hidup Petani dan Nelayan Jadi Lebih Gampang

Widodo menyatakan potensi ekonomi daerah tertinggal sangat besar dengan memanfaatkan digital. Bayangkan kalau satu desa memiliki sepuluh produk unggulan, maka ada ratusan ribu produk yang dapat dipasarkan.

Nah, perputaran uang pun bisa terjadi di daerah terpencil sehingga bisa memutar roda perekonomian. Tingkat kehidupan petani, peternak, nelayan, dan lainnya bakal menjadi lebih baik kan?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me