Emang Berapa Sih Tarif Sewa Wisma Atlet Kemayoran?

Big Banner
Wisma Atlet Kemayoran yang diperuntukkan bagi MBR, sewanya per bulan sepertiga UMP calon penghuni. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea

 

Tarif sewa Wisma Atlet Kemayoran itu berapa sih? Banyak yang kepo nih. Sanggup gak masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) membayar sewanya? Pasalnya, yang tergolong MBR itu yang penghasilannya per bulannya sebesar upah minimun provinsi (UMP).

Menurut Direktur Rumah Umum dan Komersial Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Yusuf Hari Agung, seperti dikutip Detik.com, Kamis (13-9-2018), besar tarif sewa sewa rusun bagi MBR yaitu maksimum sepertiga dari UMP.

“Setinggi-tingginya adalah sepertiga dari UMP, sekitar satu jutaan. Tapi, memang dalam praktiknya, bisa jadi masyarakat itu affordability-nya kurang, seperti halnya di Rawa Bebek, Rp750 ribu (tarif sewa). Selisih biaya untuk operasional dan maintenance itu disubsidi oleh pemerintah Provinsi DKI. Nanti harganya sama. Kalau di Setneg (Sekretariat Negara), ya Setneg yang akan subsidi,” kata Yusuf.

Baca juga: Wisma Atlet Kemayoran Khusus Buat MBR

Besar UMP di Provinsi DKI Jakarta saat ini yakni Rp3.648.000 per bulan, sedangkan di Palembang Rp2.595.000 per bulan. Dengan begitu, tarif sewa maksimum rusunawa di Kemayoran sekitar Rp1.216.000 per bulan, sedangkan di Palembang Rp865.000 per bulan.

Gak perlu khawatir juga, pasalnya bagi MBR yang merasa tarif sewa itu lebih tinggi dari kemampuannya membayar ya bisa mendapatkan subsidi dari pemerintah. Subsidi tersebut akan disalurkan lewat Badan Pengelola.

“Jadi kalau itu nanti dikelola oleh Setneg, ya Setneg yang upayakan untuk carikan biaya-biaya yang belum di-cover melalui sewa. Misalnya pemeliharaan, perawatan, bisa dimasukkan ke dalam anggaran DIPA-nya,” kata Yusuf.

Baca juga: 5 Hal yang Bikin Wisma Atlet Kemayoran Jadi Incaran Para Pencari Hunian

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me