Tips Agar Penghasilan Ga Cuma Mampir Doang!

Big Banner
Ilustrasi Foto: Rumah123/Getty

 

Gaji serasa cuma mampir doang di rekeningmu? Pendapatan gak bersisa sama sekali alias saldo nol setiap bulan? Bukan kamu aja lho yang mengalami hal yang seperti ini. Gimana sih cara mengatasi masalah yang seperti ini?

Perencana Keuangan, CEO & Founder ZAP Finance, Prita Ghozie, memberikan beberapa langka untuk mengendalikan pengeluaran seperti dikutip Detik.com, Senin (21-5-2018):

Ke-1, periksa pos pengeluaran mana yang paling banyak.

Bedakan pengeluaran yang rutin dan tidak rutin. Pengeluaran yang rutin gampang dikenali semisal beli bensin, pulsa, gas, listrik, iuran dan belanja bulanan. Tapi, waspadai ada pengeluaran yang rutin tapi bisa aja gak terkendali semisal belanja bulanan.

Baca juga: Mau Menabung Lebih Banyak? Pangkas Tiga Pos Pengeluaran Ini!

Ke-2, manfaatkan promo gaya hidup.

Pengeluaran untuk hiburan boleh saja semisal makan di luar rumah atau nonton film. Tapi, jangan lupa bersikap bijak untuk pengeluaran pos hiburan ini. Manfaatkan promo yang ada, semisal buy one get one atau promo poin rewards dari penerbit kartu kredit. Promo ini dapat menghemat pos pengeluaran, sehingga kamu bisa tetap bersosialisasi.

Ke-3, kenali si bocor halus.

Bocor halus merupakan pengeluaran tidak terlihat dan tidak tercatat yang tanpa sadar menggerus sebagian besar porsi keuangan kamu. Contohnya pembelian kopi kekinian, uang parkir, beauty product seperti sheet mask, dan lain-lain. Hal ini bisa kamu atasi dengan membuat rekening belanja khusus, sehingga pengeluaran kecil tapi sering ini akan berhenti begitu saldonya nol.

Ke-4, buat pos-pos keuangan.

Dengan membuat pos-pos pengeluaran, maka kamu gak akan menggunakan dana yang sudah ada alokasi penggunaannya untuk keperluan lain. Satu tips yang paling sederhana agar pengeluaran gak membengkak adalah dengan mendisiplinkan diri sendiri terhadap pengeluaran.

*

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me