BKPM: Komitmen Investasi Sektor Properti Baru Terealisasi 28 Persen

Big Banner

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Industri properti merupakan salah satu bidang bisnis yang berdampak langsung pada perekonomian nasional karena memiliki industri turunan yang mencapai 170 jenis. Dari sisi peluang, bisnis properti juga sangat besar. Namun mengutip data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), dari rencana komitmen investasi sektor properti tahun 2015-2018, hingga saat ini yang terealisasi baru 28 persen.

Proyek Apartemen di Jakarta

Proyek Apartemen di Jakarta

“Ini artinya ada potensi 72 persen untuk sektor properti yang belum terealisasi karena selama 2015-2018 memang banyak kendala (merealisasikannya). Karena itu target untuk sektor properti dalam lima tahun ke depan menjadi dua kali lipat dari yang saat ini. Semoga ini bisa menyebar hingga keluar Jawa, jangan terpusat lagi,” kata Fuad Fitrianto, Direktorat Perencanaan Jasa & Kawasan BKPM, saat diskusi “Potensi Investor Asing Bagi Pertumbuhan Industri Properti Indonesia” yang diselenggarakan BKPM, Real Estat Indonesia (REI), dan Forum Wartawan Perumahan Rakyat (Forwapera) di Jakarta, Rabu (19/9/2018).

Untuk sektor properti, BKPM mencatat kawasan perumahan, kawasan industri, hotel, dan restoran, tumbuh 18 persen selama 2014-2018. Perkembangan bisnis properti di kawasan industri juga mencatat pertumbuhan yang baik, karena didorong basis ekonomi dan daya beli sehingga kawasan industri meningkatkan permintaan perumahan dan multiplier effect lainnya.

Ke depan, Fuad menyebut ada banyak pendukung untuk terus tumbuhnya sektor properti. Selain regulasi yang terus diperbaiki, juga pengembangan proyek infrastruktur pemerintah. Pendorong lain antara lain rencana pengembangan 10 Bali baru, kawasan ekonomi khusus (KEK), hingga kegiatan di kawasan industri.

“Potensi kapital untuk sektor properti hingga lima tahun ke depan mencapai Rp197 triliun atau sekitar Rp50 triliun per tahun. Ini akan dipermudah lagi dengan insentif fiskal dan non fiskal, tax allowance, pembebasan tertentu untuk impor, hingga kemudahan perizinan dengn sistem online. Ini kesempatan bagi swasta untuk mem-boost bisnisnya,” urainya.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me