Tips Beli Rumah: Jangan Malas untuk Mengeksplorasi Pasar Properti

Big Banner
Saat Mencari Hunian, Jangan Malas untuk Mencari Rumah di Kawasan yang Harganya Belum Terlalu Tinggi (Foto: Rumah123/Realestate.com.au)

Saat ini, mungkin kamu dan pasangan sedang berencana untuk membeli properti impian. Kamu ingin memiliki rumah yang bagus.

Kamu sedang menyisihkan uang muka untuk membeli properti. Setelah itu, kamu akan menyicil hunian ini lewat skema kredit pemilikan rumah (KPR).

Proses mengumpulkan uang muka alias down payment (DP) tentu tidak sebentar. Biasanya kamu harus menabung selama beberapa tahun.

Baca juga: Jomblowati Doyan Beli Rumah, Jomblowan Apa Kabar?

Situs Credit memberikan sejumlah tips bagaimana menabung dengan cepat untuk membeli rumah. Salah satu tipsnya adalah mengeksplorasi pasar properti.

Jika kamu sedang berhemat uang dan mengumpulkan uang untuk membeli rumah, pernah terpikir untuk melakukan pencarian rumah di kawasan dengan harga yang tergolong murah? Kalau belum, pikirkan hal ini baik-baik ya.

Mungkin kamu membidik rumah dua lantai yang memiliki luas 120 m2 dengan harga Rp1 miliar, maka kamu harus menyiapkan uang muka 15% yaitu sebesar Rp150 juta. Nah, kamu sudah mulai memiliki jumlah uang ini.

Baca juga:  Baru 23 Tahun Punya Gaji Rp1,3 Triliun, Enaknya Beli Rumah di Mana?

Jika kamu memilih untuk memiliki rumah yang murah alias harganya terjangkau, kamu tidak perlu berlama-lama untuk menabung uang muka. Coba deh untuk jalan-jalan mencari rumah murah di dekat lokasi rumah impian kamu.

Kamu jangan berpikir tidak bakal menemukannya. Dicari saja belum, kok kamu sudah pesimistis nggak bakal mendapatkannya.

Biasanya ada rumah yang harganya terjangkau. Mungkin karena lokasinya berada di dalam gang, luasnya memang kecil, atau mungkin pemiliknya sedang BU alias butuh uang.

Baca juga:  Belanja Hemat Sampai Rp283 Juta, Bisa Beli Rumah Lho

Siapa tahu kamu menemukan rumah satu lantai dengan ukuran 60 m2 dengan harga Rp200 juta. Kamu hanya perlu menabung sedikit lagi untuk kekurangan Rp50 juta.

Bukan tidak mungkin kamu menemukan rumah lama dengan harga murah. Kalau kamu pandai berhitung ala fixer upper, kamu hanya perlu merenovasi ulang. Nah, kamu bisa menang banyak nih.

Prinsip yang ingin diterapkan dari tips situs Credit ini adalah saat harga rumah kamu naik, kamu bisa menjualnya untuk dijadikan uang muka. Cara ini bisa lebih cepat dibandingkan kamu menabung karena kenaikan harga properti lebih cepat dari kenaikan gaji.

Baca juga:  Tips Beli Rumah: 7 Tanda Lokasi Rumah Kamu Memang Bagus

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me