Terpengaruh Medsos Buat Nikah Mewah, Lupa Deh Buat Beli Rumah

Big Banner
Ilustrasi Milenial (Foto: Rumah123/Apartment Therapy)

Ngomongin menikah dan beli rumah pastinya seru, apalagi buat kamu generasi milenial yang ingin segera married dan juga punya hunian dalam waktu dekat. Tapi, ingat ya hati-hati dengan media sosial, kamu bakalan lupa tuh sama beli rumah.

Pernikahan sudah bukan lagi sekadar upacara tradisional, tetapi sudah menjadi produk imajinasi dan realisasi dari fantasi yang romantis. Hal ini diungkapkan oleh Irfan Agia dalam acara Ngopi.

Agia merupakan behavior scientist Rumah123. Dia menjadi salah satu pengisi acara Ngobrolin Properti dengan tajuk “Nikah di Gedung, Tinggal di Kontrakan” beberapa waktu lalu.

Baca juga: Punya Rumah Itu Harus, Apalagi Buat Kamu yang Udah Menikah!

Saat ini, industri terkait pernikahan memang berkembang pesat. Orang tidak lagi menikah di rumah, rumah ibadah seperti masjid dan gereja, tetapi juga mulai menikah dengan konsep seperti pesta kebun dan lainnya.

“Ekspos media sosial menjadi faktor terbesar. Salah satu pengaruhnya dari pernikahan selebriti. Selain itu, pernikahan juga pengalaman sekali seumur hidup,” ujar Agia.

Tekanan sosial juga membuat orang harus melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak perlu dan membuang uang banyak seperti bridal shower. Padahal hal ini bisa dihilangkan dan sering kali memakan biaya besar.

Baca juga: Harga Properti Selangit, Banyak Pasangan di Hong Kong Tunda Memiliki Anak atau Menikah

Menurutnya, ada yang disebut learning theory yaitu orang melihat di media sosial, melihat orang lain melakukannya, lantas orang mencontoh, dan termotivasi untuk mengikutinya.

Ilustrasinya seperti ini, kamu melihat pernikahan selebriti yang mewah. Kamu juga menyaksikan teman atau kerabat menikah secara wah. Kamu merasa kalau hal ini adalah hal biasa dan termotivasi untuk melakukannya.

Seandainya kamu memiliki dana, sebenarnya tidak masalah. Bagaimana kalau tidak, apakah kamu harus berutang hanya untuk pesta sehari? Ingat jangan sampai berhutang dengan menggunakan kredit tanpa agunan (KTA) untuk menikah lho.

Baca juga: Menikah dengan Hamish Daud yang Arsitek, Kira-kira Kayak Apa Ya Rumah Raisa?

Menikah dengan pesta di gedung itu penting karena menikah melibatkan keluarga kamu dan pasangan. Tetapi, yang nggak kalah penting itu juga memiliki hunian.

Setelah menikah, kamu mau tinggal di mana? Okelah, kamu bisa menumpang di rumah mertua atau orang tua. Tapi, itu hanya sementara lho ya.

Kamu harus memilikirkan tinggal di mana, mengontrak atau mulai mencari rumah atau apartemen. Hidup kamu setelah menikah masih panjang lho. Jangan sampai kamu menikah tetapi nggak berpikir di mana akan tinggal.

Baca juga: Serunya Ngobrolin Properti dan Menikah

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me