Jokowi Tidur di Pemukiman Kumuh?

Big Banner

Jokowi yang merupakan salah satu calon kuat dalam pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun ini memang sering menimbulkan fenomena kontroversial, salah satunya adalah berita mengenai Jokowi yang katanya ingin mencoba menginap di sebuah pemukiman kumuh di Jakarta.

Jokowi yang merupakan orang asli Solo ini, berjanji untuk menginap di rumah seorang warga di Bantaran Kali Ciliwung, RW 11 Kampung Dalam, Kramat Jati, Jakarta Timur pada Sabtu Malam 15 September 2012. Katanya sih, kegiatan ini ingin dilakukan oleh Jokowi karena keinginan kuat Jokowi untuk turut merasakan realitas kehidupan yang dialami oleh rakyat Jakarta. Tapi apa betul Jokowi siap untuk tidur di atas dipan berkasur tipis bersama kecoak dan tikus got? Sanggupkah dia untuk mandi di MCK umum yang bau dan hanya berdinding separuh tembok?

Menurut Mustar Bonaventura, Koordinator Pospera (Posko Perjuangan Rakyat), kegiatan ini apa bila benar-benar bisa dilakukan akan sangat luar biasa, karena seorang Calon Gubernur jadi bisa mengenal kehidupan dan persoalan rakyat secara langsung. “Memahami hidup rakyat adalah modal dasar pemimpin. Sosok pemimpin seperti itulah yang diimpikan seluruh rakyat Indonesia,” katanya.

Namun sangat disayangkan rencana tidak biasa itupun akhirnya harus dibatalkan. Alasan yang dikemukakan oleh Jokowi antara lain adalah karena jadwal kampanye yang padat.

Padahal Bambang dan beberapa warga Kampung Dalam lainnya sudah menyiapkan sebuah kamar berukuran 3×4 meter berlantai tikar dan beratap seng. Bambang mengaku kalau ia mengetahui kabar pembatalan acara menginap bersama ini dari seseorang yang berasal dari Posko Perjuangan Rakyat.

Namun, Bambang dan warga setempat mengaku tidak kecewa perihal berita pembatalan acara menginap bersama Jokowi itu. Walaupun telah menunggu berjam-jam akan kepastian pelaksanaan acara tersebut, mereka berpendapat, jika dalam kondisi padatnya jadwal kampanye, warga tidak boleh memaksakan kehendak.”Iya enggak jadi datang, ya sudah kita ngalah aja. Kita tau kesibukan bapak Jokowi kayak gimana,” ucap Bambang waktu itu.

Yah, kita doakan saja deh, semoga di waktu-waktu mendatang, acara menginap bersama ini bisa benar-benar bisa terlaksana. Amin smiley.

Sumber: Kompas.com, Okezone.com, Seruu.com dan berbagai sumber lainnya.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me