Butuh 40 Miliar Rupiah untuk Bedah 1 Kampung Kumuh!

Big Banner

Anda masih ingat janji Joko Widodo (Jokowi) mengenai perbaikan dan penataan kembali kampung kumuh sehingga bisa jadi hunian yang layak huni. Saat ini Gubernur DKI Jakarta yang satu ini sedang melaksanakan janjinya melalui pelaksanaan program “Bedah Kampung” yang akan merestorasi sekitar 100 kampung kumuh yang ada di seluruh wilayah Jakarta.

Namun, apakah Anda tahu berapa biaya yang diperlukan untuk membedah 1 kampung kumuh? Ternyata 1 kampung kumuh bisa memerlukan biaya sampai 40 miliar rupiah, yang berarti jika harus membedah 100 kampung kumuh akan dibutuhkan sampai 4 trilyun rupiah! Hal ini diungkapkan oleh Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Wiriatmoko, saat menjadi pembicara dalam Rakerda (Rapat Kerja Daerah) REI DKI Jakarta, di Hotel Pullman Central Park.

Wiriatmoko juga menjelaskan bahwa pada tahun ini baru 25 kampung saja yang bisa mulai dibedah. Hal ini dikarenakan adanya beberapa kesulitan yang harus dihadapi, salah satunya terkait peremajaan tanah. Apalagi banyak kampung-kampung ini yang tanahnya milik Negara, sehingga harus ada proses-proses administratif lagi yang harus diselesaikan.

Selain itu, faktor keterbatasan anggaran juga menjadi salah satu hambatan dalam perbaikan kota Jakarta secara cepat. Misalnya saja dalam urusan pembersihan kali seperti kali Angke, Pesanggrahan, Ciliwung, Grogol dan lain-lain yang sudah tercemar berat dan sulit untuk direstorasi.

“Atasi banjir, bersihkan kali, seperti di Angke, Ciliwung, Pesanggrahan, Grogol itu tanggung jawab pemerintah pusat juga. Kalau tidak ada anggarannya bagaimana kita mengatasinya? Saat ini yang baru disiapkan adalah dana sebesar 2,75 triliun rupiah yang hanya cukup untuk bersihkan kali Pesanggrahan saja,” ujar Wiriatmoko.

Ya, kita doakan saja semoga niat baik pemerintah pusat untuk memperbaiki Jakarta bisa terwujud. Amin!

Sumber: okezone.com

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me