Waspada Curah Hujan Tinggi di Awal Tahun 2013

Big Banner

Hujan lebat diperkirakan akan terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sempat memberi saran perihal penanganan banjir di Ibukota. Meski bergitu, menurut Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Banjir (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho dikutip dari okezone.com mengatakan hujan di beberapa wilayah di Indonesia seperti Jawa, Bali, Nusa Tenggara serta sebagian Sumatera, Kalimantan, Sulawesi akan mencapai puncak pada Januari 2013. Sutopo juga menambahkan,”Meskipun musim hujan diprediksikan normal oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), namun ancaman banjir akan tetap tinggi saat Januari hingga Maret 2013,”

Sementara BMKG menilai curah hujan di DKI Jakarta akan terus meningkat hingga beberapa bulan kedepan dan diprediksi akan meningkat sekitar Januari dan Februari 2013. Hal ini bisa dilihat dari gejala hujan angin. BMKG juga menghimbau agar masyarakat lebih waspada jika intensitas hujan lebat terjadi lebih dari dua jam karena dapat menimbulkan genangan dan banjir di beberapa titik rawan. Selain diminta waspada, ciptakan selalu agar rumah tetap nyaman di musim penghujan.

BNPB juga memetakan seluruh wilayah rawan banjir dan longsor di beberapa wilayah di Indonesia. Adapun peta tersebut sudah diberikan kepada seluruh BPBD se-Indonesia. Masyarakat dapat mengakses peta secara gratis di website BNPB, yaitu geospasial di www.bnpb.go.id “Masyarakat yang tinggal di daerah rawan banjir dan longsor diminta tetap waspada,” Imbuh Sutopo Purwo Nugroho. Dan jika Anda mengalami banjir di sekitar rumah, Anda juga bisa simak tipsnya disini.

 

Sumber : Berbagai sumber

rumahku.com