Sulitnya Mengejar Kenaikan Harga Rumah

Big Banner

Kinerja perumahan rakyat masih sangat rendah, baik dari sisi permintaan, pasokan, maupun pembiayaan. Peningkatan pendapatan masyarakat tidak mampu mengejar laju kenaikan harga rumah setiap tahunnya. Tergerus pula oleh daya beli konsumen dan diperparah oleh menurunnya pasokan rumah dari perusahaan pengembang dan kendala penyaluran dana perbankan.

Adapun total anggaran pemerintah untuk KPR bersubsidi melalui fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan pada 2012 sebesar Rp 7,1 triliun. Fasilitas pendanaan ini ditargetkan untuk 133.000 unit rumah. Namun, kenyataannya hingga 5 Desember 2012 ini penyaluran kredit perumahan rakyat bersubsidi baru 59.112 unit rumah senilai Rp 2.679 triliun.

Hingga akhir 2013, penyaluran rumah bersubsidi ditargetkan maksimal sebanyak 80.000 unit rumah dengan nilai Rp 3,5 triliun. Rendahnya penerapan dana pembiayaan perumahan membuat dana FLPP tersisa Rpo 3,6 triliun.  Kredit perumahan rakyat melalui fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan digulirkan untuk masyarakat berpenghasilan rendah, yakni masyarakat dengan pendapatan maksimal Rp 3,5 juta per bulan untuk kepemilikan rumah tapak dan masyarakat menengah bawah dengan pendapatan maksimal Rp 5,5 juta per bulan untuk kepemilikan rumah susun umum milik.

Deputi Bidang Pembiayaan Kementrian Perumahan Rakyat Sri Hartoyo menyatakan bahwa uang muka atau DP (down payment) sebesar 10 persen dari nilai rumah masih memberaktkan masyarakat berpenghasilan rendah di tengah harga rumah yang kian merangkak naik. Meningkatnya harga rumah dipicu oleh kenaikan upah pekerj,a kenaikan harga material bangunan, hingga harga rumah.

Sementara di lain hal, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Indonesia, Eddy Ganefo meminta agar birokrasi lebih efisien. Ia menyayangkan anggaran pemerintah untuk FLPP yang terus dinaikkan, tetapi penyerapan rumah bersubsidi justru semakin rendah.

 

Sumber : Harian KOMPAS, Edisi Sabtu, 8 Desember 2012

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me