Dilema Rumah Susun Jakarta, Sepi Peminat Karena Fasilitas Buruk!

Big Banner

Rumah Susun Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, terlihat kosong karena sepi peminat. Seperti yang diungkapkan Jokowi bulan November lalu pada sidak yang dilakukan Jumat malam (26/10/2012), hal ini dikarenakan fasilitas rumah susun yang tidak memadai.

“Rusunnya sepi karena banyak fasilitas yang belum diberesin. Contoh di Rusun Marunda. 26 blok itu enggak ada pasar, mestinya ada pasarnya. Enggak ada Puskesmas, mestinya ada Puskesmasnya, enggak ada transport, mestinya diberi bus lah,” kata Jokowi.

Menurutnya, rumah susun tersebut menjadi tidak efektif karena tak dihuni. Padahal rumah susun merupakan salah satu bentuk bantuan rumah tinggal murah dari pemerintah untuk bisa ditempati oleh kalangan kurang mampu atau miskin. Rumah susun Marunda sendiri memberi tarif sewa sekitar Rp.128.000,00 – Rp. 159.000,00.

Banyaknya rumah susun di Jakarta yang kosong dan tak terurus, membutuhkan penanganan serius untuk memperbaiki fasilitasnya. Jika tidak dihuni, lama kelamaan rumah susun tersebut akan jadi bangunan tua rusak yang tidak ada fungsinya, sehingga menjadi mubazir dan hanya menimbulkan pemborosan uang. Sekarang pun sudah ada beberapa fasilitas yang rusak, seperti pintu yang rusak atau kaca jendela yang hilang.

Oleh karena itu, setelah sidak Jokowi kemarin, rumah susun Marunda kini sedang dalam tahap perbaikan dan penambahan fasilitas yang kurang, sehingga diharapkan tahun depan, rumah susun tersebut bisa diisi penuh.

Bagi warga yang belum serah terima unit juga telah diusahakan untuk bisa masuk mulai tahun depan. “Pokoknya kalau siap huni dan ada peminatnya langsung isi saja walau belum serah terima unit. Nanti saya yang tanggung jawab,” ujar Jokowi.

Jokowi juga mengatakan, bahwa Pemerintahan provinsi DKI telah mengetahui adanya oknum-oknum yang mencoba memanfaatkan keberadaan rumah susun untuk kepentingan pribadi.  “Oleh karena itu, Saya sudah menyiapkan pengawasan khusus agar pemberian rumah susun tepat sasaran. Nanti langsung diawasi Pak Basuki,” tutur Jokowi.

Sumber: kompas.com

 

 

 

 

 

 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me