Relokasi Waduk Jatigede, Kemenpera Bangun 490 Unit Rumah

Big Banner
490 unit rumah akan dibangun oleh Kemeterian Perumahan Rakyat (Kemenpera) di lokasi relokasi pembangunan Waduk Jatigede, Sumedang, Jawa Barat. Nantinya rumah-rumah tersebut akan dikelola oleh Kemenpera.
 
Bupati Sumedang Don Murdono mengaku masyarakat tak keberatan terkait rencana relokasi yang akan dilakukan terkait pembangunan waduk. Asalkan, biaya ganti rugi serta masalah lainnya jelas.
 
“Sebenarnya enggak ada yang menolak tapi menunggu ganti rugi saja. Kok enggak dibayar-bayar, itu intinya. Masyarakat mau direlokasi kemanapun tapi setelah dibayar, berarti keterlambatan anggaran itu saja,” katanya di Kantor Menteri Koordinator Perekonomian, Jakarta, Selasa (4/6/2013).
 
Pemerintah sendiri telah menganggarkan Rp 300 miliar untuk ganti rugi relokasi masyarakat dalam membangun Waduk Jatigede. Adapun total anggaran ganti rugi diperkirakan mencapai Rp1,2 triliun. Dia juga mengungkapkan, masyarakat masih menunggu permintaan ganti rugi akibat adanya relokasi rumah. 
 
“Totalnya Rp1,2 triliun, anggaran yang siap Rp300 miliar itu untuk ganti rugi. Oktober rencananya dibangun tapi (ganti rugi) masyarakat harus tuntas dulu,” ujar dia.
 
Sementara itu Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa menyatakan, anggaran Kemenpera untuk pembangunan rumah warga yang terkena proyek pembangunan Bendungan Jatigede, tidak akan dipotong.Hatta menuturkan angka ganti rugi untuk warga sekitar Rp 1 triliun
 
“Pemotongan anggaran Kemenpera dalam APBND tidak terkait dengan bendungan Jatigede. pembangunan Perumahan Kemenpera sudah akan ditender dan setelah selesai segera dibangun,” kata Hatta di Jakarta.
 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me