Jokowi Desain Khusus Rusun Waduk Pluit

Big Banner
Diketahui, ada lebih dari 17 ribu kepala keluarga waduk Pluit yang tempat tinggalnya akan digusur demi normalisasi fungsi waduk. Diam- diam Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berencana untuk mendesain khusus rumah susun warga yang akan digusur.Rencana mantan Walikota Surakarta ini terungkap dari sejumlah arsitek dan lembaga swadaya masyarakat yang mengaku mendapat order desain rusun tersebut.
 
“Semula kami yang menawarkan konsep alternatif rusun ke pemerintah DKI Jakarta,” kata Dian Tri Irawati, salah satu peneliti dari Rujak lembaga kajian tata kota. Selain Rujak, kata Dian, sejumlah arsitek dari Universitas Indonesia dan Architecture Community juga bersama-sama mendesain rusun itu.
 
Dian mengaku, ketika rencana tersebut dipresentasikan di hadapan Jokowi pada 8 Mei 2013, Jokowi pun langsung menyetujuinya. terlebih, lanjut Dian desain itu sebelumnya sudah disosialisasikan kepada warga Pluit dalam sebuah workshop tiga hari, April 2013 lalu. 
 
“Tapi Pak Jokowi ingin rusun yang lebih besar, yang bisa menampung semua warga Pluit,” ujarnya.
 
Dian mengaku desain awal rusun mereka hanya bisa menampung 700 keluarga dan hanya menggunakan lahan 2,1 hektar. Jokowi menjelaskan bahwa Pemerintah Jakarta sudah menyediakan lahan 3 kali lipat lebih luas yakni 7,5 hektar dan minta konsep rusun yang pas. 
 
“Gubernur meminta semua warga Pluit yang hendak digusur bisa tertampung di sana,” pungkasnya.
Lebih lanjut Dian menjelaskan, konsep desainnya hampir selesai dan mereka tinggal menunggu untuk bertemu dengan Dinas Perumahan Jakarta untuk berkonsultasi.
 
Uniknya konsep rusun Rujak terletak pada konsep komunitasnya. Di setiap lantai, ada warung dan di setiap unit ada ruang pertemuan warga. Tujuannya agar suasana kebersamaan yang semula tumbuh di lingkungan mereka sebelumnya, tetap terjaga meski mereka sudah tinggal di rusun bertingkat-tingkat.
 
Jokowi mengeaskan, pembangunan rusun untuk warga Waduk Pluit akan segera direalisasikan. Pihaknya akan menyiapkan 7.000 unit rusun sebagai tempat tinggal baru bagi warga yang digusur.
 
“Kalau yang sekarang ada 30 atau 50. Cuma 7.000 akhir tahun ini akan kita rampungkan,” tegas Jokowi.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me