BBM Naik, Harga Rumah Ikut Naik

Big Banner
Dalam waktu dekat harga Bahan Bakar Minyak (BBM) akan mengalami kenaikan. Hal tersebut disinyalir akan mempengaruhi harga rumah. misalnya, diperkirakan harga rumah di Jawa Tengah naik sebesar 5-10 persen.
 
Wakil Ketua DPD REI Jateng Bidang Promosi, Publikasi dan Kehumasan, Dibya K Hidayat mengatakan, kenaikan BBM akan menyebabkan peningkatan biaya transportasi khususnya untuk mengangkut bahan-bahan bangunan. 
 
“walaupun tidak berpengaruh secara langsung, tapi kenaikan ongkos transportasi akan terjadi. Jadi kalau premium jadi Rp6.500 dan Rp5.500 maka kenaikan harga rumah masih dibawah 10 persen,” kata Dibya.
 
Namun Dibya mengaku, pihaknya tetap optimistis kenaikan harga BBM tersebut tidak akan mempengaruhi daya beli masyarakat hingga mengakibatkan  penurunan penjualan perumahan di Jawa Tengah tahun ini. Hal ini dikarenakan makro ekonomi Indonesia yang masih cukup bagus yakni di atas 6 persen yang merupakan tertinggi kedua setelah china. 
 
“Memang kemungkinan akan ada aksi menunda pembelian sementara, dan dampak penaikan itu tidak akan terlalu lama, dan saya pikir harga BBM memang sudah seharusnya naik, sehingga subsidinya dapat digunakan untuk pengembangan infrastruktur,” ungkapnya.
 
Meskipun begitu, lanjutnya, jika kenaikan BBM terjadi, hanya akan dirasakan antara satu hingga dua bulan. Sebab, rumah merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat. 
 
“Dampak menurunnya penjualan rumah hanya bersifat sementara saja, biasanya hanya 1-2 bulan dan selanjutnya kembali normal. Apalagi, rumah sudah menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat,” tandasnya.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me