Pelopor HAM PBB Tinjau Rumah Pasca Bencana di Yogya

Big Banner
Pelapor Khusus Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Raquel Rolnik melakukan kunjungan ke Yogyakarta. Kunjungannya dalam rangka penerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. 
 
kunjungan pelapor khusus PBB ini merupakan salah satu bagian dari misi pencarian fakta di Indonesia untuk melihat bagaimana pelaksanaan hak atas perumahan yang layak di Indonesia.
 
“Salah satu fokus kunjungan kami ke Yogyakarta untuk melihat secara langsung rekonstruksi pasca bencana dan pembangunan rumah-rumah di Yogyakarta yang terkena dampak bencana alam beberapa waktu lalu,” ujarnya 
Dikutip dari keterangan tertulis Kementerian Perumahan rakyat (Kemenpera).
 
Sementara itu, pada kunjungannya di Desa Dlingo, rombongan pelapor khusus PBB ini juga meninjau lokasi rumah dan melakukan dialog secara langsung dengan 10 Kepala keluarga perwakilan penerima BSPS Kemenpera. Desa Dlingo ini merupakan salah satu desa di KecamatanDlingo, Kabupaten Bantul yang mendapatkan prioritas dalam pengalokasian perbaikan rumah sebanyak 198 Rumah.
 
Untuk Kabupaten Bantul terdapat 17.961 rumah yang tidak layak huni. Pada 2012 lalu Kemenpera telah memberikan bantuan sebanyak 5.612 rumah melalui Program BSPS Kemenpera serta dana pendamping bantuan APBD Pemkab Bantul. 
 
Dalam sela-sela pertemuannya dengan masyarakat sekitar, Raquel menanyakan mengenai kemampuan untuk menabung dalam membangun rumah, air bersih, sertifikat rumah, sanitasi, juga persyaratan yang diberikan oleh pemerintah daerah dalam menyalurkan bantuan rumah swadaya.

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me