Bulan Juli Tol di atas Laut Bali Akan Uji Kelayakan

Big Banner
Mulai bulan depan Jalan tol Nusa Dua-Ngurah Rai dan Tanjung Benoa, Bali yang dibangun di atas laut, sudah memasuki tahap akhir dan siap untuk diuji coba.
 
Jasa Marga rencananya akan menguji kelayakan jalan tol yang membentang 12,7 km dari Nusa Dua melewati Ngurah Rai dan berakhir di Benoa ini pada Juli 2013  mendatang.
 
“Saat ini sedang dalam tahap finishing (hampir selesai 100 persen). Bulan Juli ini akan dilakukan uji kelaikan operasi sebelum dapat dioperasikan secara resmi,” ujar Komisaris Jasa Marga Ibnu Purna Muchtar melalui siaran pers.
 
Investasi jalan tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa ini sekitar Rp 2,4 triliun. Dana tersebut menggunakan dana internal perusahaan dan sumber pembiayaan dalam negeri dengan komposisi 30 persen dana perusahaan dan 70 persen dari pinjaman sindikasi perbankan dalam negeri.
 
“Jalan Tol Nusa Dua Bali murni dibiayai dengan dana perusahaan dan pinjaman korporasi dalam negeri tanpa sedikitpun memberatkan APBN,” katanya.
 
Ibnu menyatakan, proyek ini layak mendapat apresiasi lantaran merupakan jalan tol pertama di Indonesia yang dibangun di atas laut dengan panjang sekitar 12,7 km, di mana 10 km berada di atas laut. Panjang jembatan tol di Bali ini hampir sama dengan Penang Bridge di Malaysia yang panjangnya mencapai 13,5 km, atau Union Bridge sepanjang 12,9 km di Kanada.
 
Tidak hanya itu, tambah Ibnu, desain dan konstruksinya dikerjakan anak bangsa dan dapat diselesaikan hanya dalam kurun waktu 14 bulan. “Lebih cepat dari rencana awal. Ini semua membuktikan bahwa kita memiliki kemampuan dan teknologi yang memadai untuk pembangunan jalan dan jembatan di atas laut,” tambahnya.
 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me