Ditagih Kewajiban Fasos Fasum, Ini Tanggapan Bakrieland

Big Banner
Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menagih hutang kepada  pengembang yang berhutang yang menggunakan fasilitas sosial fasilitas umum (fasos fasum) untuk usaha. Termasuk kepada PT Bakrieland Development Tbk sebagai salah satu pengembang besar di Jakarta yang belum juga memenuhi kewajiban fasos fasum di proyeknya.
 
Misalnya proyek mereka yang berlokasi di kawasan Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan yang membuat Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meradang.
 
“Epicentrum ada masalah lagi sendiri deh,” kata Ahok.
 
Mantan Bupati belitung Timur ini mengatakan, masalah disiplin dan penyimpangan penggunaan lahan di DKI Jakarta sudah menjadi masalah sejak 30-40 tahun lalu. Ia optimistis masalah tersebut satu per satu bisa diselesaikan. Dia nmengaku sudah secara langsung menekan pihak Bakrieland untuk menyelesaikan kewajibannya di lokasi Epicentrum, Kuningan. Bahkan Ahok sudah melayangkan surat teguran kepada pihak manajemen Bakrieland.
 
“Kita udah tekan. Udah tekan. Kita udah tau dia jual ke orang. Kita tekan. Makanya kalau nggak mau bayar kita mau ini. Kita udah kirim surat kok. Pak Gubernur (Jokowi) kan orangnya sabar, nggak kayak saya. Dia kirim surat, tunggu dulu 2 bulan. Kemarin beliau udah mulai marah kan?,” katanya.
 
Menyadari hal tersebut, Direktur PT Bakrie Swasakti Utama Wawan D. Guratno mengatakan, pemenuhan kewajiban Epicentrum terhadap fasum dan fasos kepada Pemerintah Daerah DKI Jakarta telah diikat melalui perjanjian kerjasama dengan Pemda DKI terkait Pemenuhan Sisa Kewajiban Fasum Fasos dengan nomor 14 tahun 2012. 
 
“Perjanjian kerjasama ini di tandatangani kedua belah pihak pada tahun 2012 dengan masa berlaku 5 tahun,” kata Wawan dalam keterangan tertulisnya.
 
Menurut Wawan, pihaknya secara bertahap telah menyerahkan kewajiban fasum fasos kepada Pemda DKI, antara lain:
1.Rumah susun sederhana di daerah Penjaringan-BAST Rumah Susun Sederhana Nomor 3617 Tahun 1995
 
2.Bantuan pembangunan masjid Darul Falah di daerah Petukangan Utara, Jakarta Selatan
 
3.Membangun dan menyerahkan Masjid dan Rumah Dinas Lurah Menteng Atas
 
4.Membangun Panti Tuna Wisma-Panti Laras di daerah Cipayung, Jakarta Timur dan lainnya.
 

rumahku.com